Buka Literasi Keamanan Siber Pemilu, Pj Gubernur Sulsel Harap Perkuat Proteksi Cegah Hoaks

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, membuka Literasi Keamanan Siber pada Penyelenggaraan Pemilu, yang dilaksanakan di Hotel Gammara, Kota Makassar, Senin, 20 November 2023. Ia berharap kepada stakeholder terkait untuk memperkuat proteksi penyebaran informasi bohong atau hoaks.

“Kita perlu proteksi yang kuat untuk keamanan siber. Hampir semua pemerintahan lemah keamanan sibernya. Ini harus diproteksi untuk menghadapi Pemilu dan Pilkada Serentak 2024,” kata Bahtiar.

Sebagai mantan Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar mengaku mengetahui bagaimana kerja-kerja kehumasan dan penyebaran informasi, apalagi di tahun politik. Ia menyampaikan betapa pentingnya membangun narasi tunggal untuk kebutuhan tahun-tahun politik. 

“Kita harus membangun narasi tunggal. Ini harus ada manajemen tunggal dalam penyebaran informasi. Anggaran humas ini cukup besar untuk penyebaran informasi. Nah jangan sampai kita kalah dari attacker (penyerang), yang sudah menjadi profesi baru saat ini,” jelasnya. 

Ia mengungkapkan, jumlah penduduk Sulsel 9,3 juta. Sedangkan secara non fisik bisa mencapai 90 juta. Pasalnya, satu orang bisa membuat sampai 10 akun anonim di media sosial. 

“Ada satu orang bisa membuat 10 akun anonim berbeda-beda. Jadi dari 9,3 juta itu bisa menjadi 90 juta bahkan sampai 100 juta di sosial media,” lanjutnya. 

Ia juga mengingatkan kepada seluruh stakeholder agar jangan sampai didikte oleh smartphone, terkhusus soal algoritma pencarian di mesin pencarian. Seperti google, media sosial seperti youtube, twitter, facebook, instagram dan lainnya. 

“Kita didikte oleh algoritma di smartphone. Itu pentingnya wawasan untuk memahami informasi. Literasi keuangan kita semua juga masih rendah, makanya ada masih ada penipuan,” ungkapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo-SP Sulsel, Andi Winarno Eka Putra, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya untuk literasi keamanan siber pada penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. 

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap penyebaran informasi, dan pengetahuan tentang penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024,” ujarnya. 

Yang terpenting, kata Andi Winarno, bagaimana semua stakeholder betul-betul bisa menyortir informasi, mana yang bisa disebarkan, mana yang tidak. Apalagi dengan kemajuan teknologi saat ini. 

“Bagaimana mengawasi penyebaran hoaks terkait pencegahan pengelolaan data proses Pemilu dan Pilkada serentak,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL TNI / POLRI

Pamen Ahli Bid. Ekonomi Poksahli Wakili Pangdam XIV/Hsn Menghadiri Rakor Inflasi Pengendalian Inflasi Daerah 2024

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Pamen Ahli Bidang Ekonomi Poksahli Kolonel Kav Demak Sianturi, S.E mewakili Pangdam XIV/Hasanuddin menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024, di Baruga Lounge, Lantai I Gedung A Kantor Gubernur Sulsel, Jl. Urip Sumoharjo, Kota Makassar, Senin (24/6/2024). Rakor ini dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI) Jenderal […]

Read more
Haji Makassar SULSEL

Pamen Ahli Bid. Ilpengtek Wakili Pangdam Hadiri Penerimaan Jemaah Haji Kloter UPG 01 Embarkasi Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Pamen Ahli Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Ilpengtek) Poksahli Kolonel Inf Indra Kurnia, S.Sos mewakili Pangdam XIV/Hasanuddin menghadiri penerimaan kepulangan jemaah haji Kloter Ujung Pandang (UPG) 01 Embarkasi Makassar, bertempat di Aula Arafah, Asrama Haji Embarkasi, Jl. Bakung 1 Sudiang, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar, Minggu (23/6/2024). Kepulangan jemaah haji ini, merupakan suatu […]

Read more
Makassar SULSEL

Unit Resmob Polres Gowa Berhasil Menangkap Pelaku Penipuan Arisan

GOWA, EDELWEISNEWS.COM – Pada hari Sabtu, 22 Juni 2024, sekitar pukul 04.20 Wita, Unit Resmob Satreskrim Polres Gowa berhasil mengungkap dan menangkap seorang pelaku penipuan di Perumahan Citraland Celebes, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Senin (24/6/2024). Kasus penipuan ini dilaporkan di SPKT Polres Gowa pada tanggal 20 Maret 2024 oleh korban perempuan inisial SR (30), […]

Read more