Bupati Takalar : BPD Perlu Mengawasi Dana Desa

TAKALAR,EDELWEISNEWS.COM – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sangat vital dalam pembangunan kehidupan demokrasi di tingkat desa. BPD adalah lembaga yang mengawasi dan membantu kelancaran pemerintahan dan pembangunan desa, memberikan saran dan petunjuk demi terlaksananya pembangunan. 

Tahun 2019, dana desa  lebih besar dari tahun sebelumnya. Karena itu, penggunaannya harus betul- betul  tepat sasaran. “Laksanakan dan gunakan sebaik mungkin dana desa untuk kepentingan rakyat,” ungkap Bupati H. Syamsari dihadapan sejumlah kepala desa.

Hindari rekayasa LPJ penggunaan dana desa, apalagi bangunan yang sudah ada sebelumnya justeru menjadi pertanggungan jawab pada tahun berjalan. “Kalau hal seperti itu terjadi, pemerintah daerah tak segan – segan menyeret kalian ke penegak hukum. Untuk pencegahan lebih dini, BPD perlu melakukan pengawasan, tegur kalau kepala desa salah menggunakan dana desa, musyawarahkan menuju perbaikan,” imbuh Bupati.

Arahan-arahan tersebut dikatakan Bupati Takalar saat menghadiri pelantikan ketua dan anggota Badan Permusyawaratn Desa (BPD) Kecamatan Mangarabombang di halaman Kantor Camat setempat baru – baru ini. 

“Jadikan dana desa untuk memperbaiki kehidupan rakyat dan bila perlu berikut kesejahteraan. Karena di dalam juknis dana desa terdapat beberapa jenis untuk pemberdayaan rakyat, diantaranya untuk badan usaha milik desa. Kalau itu sungguh- sungguh kepada sasarannya, sangat memungkinkan pendapat rakyat kecil bisa menjadi baik. Kenapa katanya? Berikan modal sesuai keahlianya, jangan dana bumdesa itu menjadi milik keluarga kepala desa.”

Syamsari berbicara demikian, karena setahun menjadi pemimpin, sering  mendengar informasi bahwa kebanyakan isteri, anak dan menantu kepala desa menjadi pengurus bumdes. “Mulai tahun ini, bupati tidak mau pengurus bumdesa didominasi isteri, anak dan menantu kepala desa,” ujarnya.

Dikatakan, salah satu unsur penting dalam pemerintahan desa adalah BPD, sedangkan BPD telah rampung  dilantik oleh Camat Mangarabombang, Mappaturung, S.Sos. Tujuannya adalah membangun persatuan bekerja bersama  sebagai upaya mendorong pelaksanaan  pemerintahan  menjadi lebih  sukses. 
Jangan abaikan petunjuk camat, karena camat bagian dari bupati, kalau tidak ada bupati, camatlah yang terdepan.

H. Syamsari mengatakan, bahwa selain pembangunan fisik menjadi prioritas,  juga melakukan upaya meningkatkan IPM. Salah satunya mengurangi jumlah anak yang putus sekolah, menggalakkan shalat berjamaah sekaligus membuat kelompok belajar paket B dan C bagi orang tua yang pendidikan sebelumnya tidak tuntas wajib belajar 9 tahun, serta memperbaiki kualitas kesehatan melalui kader kesehatan yang telah dibentuk oleh pemerintah daerah. 

Pelantikan dihadiri anggota DPRD Takalar bersama Muspika dan para kepala desa serta tokoh masyarakat.

Penulis : Maggarisi Saiyye

Editor   :  Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Kesra Kota Makassar Gelar Pelatihan Manajemen untuk 1.500 Pengurus Masjid

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM.- Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Makassar menggelar Manajemen Pengelolaan Masjid kepada 1.500 pengurus masjid di Kota Makassar. Hal ini dalam upaya meningkatkan peran masjid sebagai pusat peradaban ummat Muslim. Acara berlangsung mulai tanggal 18 hingga 25 Juli 2024 di Makassar Golden Hotel, dengan setiap peserta mewakili satu masjid di Kota Makassar. […]

Read more
Makassar SULSEL

BPBD Kota Makassar Dorong Livable dan Resilient City Melalui Peningkatan Kapasitas

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar telah mengambil serangkaian langkah strategis untuk memperkuat kapasitas Kota Makassar dalam menghadapi tantangan bencana. Hal ini sejalan dengan salah satu Program Strategis Wali Kota Moh. Ramdhan Pomanto untuk menjadikan Makassar sebagai Livable City dan Resilient City yang tangguh. Kepala Pelaksana BPBD, Achmad Hendra Hakamuddin menyatakan, […]

Read more
Takalar

Kakorbinmas Baharkam Polri Kunjungi Desa Kampung Beru untuk Penilaian Lomba 3 Pilar

TAKALAR, EDELWEISNEWS.COM – Kakorbinmas Baharkam Polri, Inspektur Jenderal Polisi Roycke Harry Langie, S.I.K., M.H., didampingi Direktur Binmas Polda Sulawesi Selatan, Kombes Pol H. A. Heru Santo, S.St, Mk, SH, MH, mengunjungi Desa Kampung Beru di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Kunjungan dalam rangka penilaian lomba 3 Pilar yang dilaksanakan oleh Kor Binmas Baharkam Polri. Kunjungan ini […]

Read more