Dapat Penghargaan sebagai Guru Berdedikasi dari Dewan Pendidikan Kota Makassar, Nurhayati, Sampaikan Terima Kasih

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – “Senang dan bahagia. Meski nilainya tidak seberapa. Namun saya bangga dapat penghargaan dari Dewan Pendidikan Kota Makassar,” ungkap Nurhayati, S.Pd, guru SD Negeri Borong, Senin (4 Desember 2023).

Guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) itu, belum lama diberi penghargaan sebagai salah seorang guru berdedikasi oleh Dewan Pendidikan Kota Makassar. Apresiasi diberikan kepada Bu Nur, sapaan akrabnya, pada Malam Anugerah Guru Berdedikasi dan Kepala Sekolah Inspiratif 2023, yang digelar guna memperingati Hari Guru Nasional (HGN), 25 November 2023.

Acara yang diinisiasi Dewan Pendidikan Kota Makassar itu, diadakan di Hotel Max One, Makassar, Senin, 27 November 2023. Ketua Dewan Pendidikan Kota Makassar, yang juga Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo, hadir dalam acara tersebut.

Walikota Makassar diwakili Staf Ahli Walikota, Aryati Puspa Abadi. Hadir pula pakar pendidikan Prof Dr Arismunandar, dari UNM, dan Prof Dr Abdul Salam, dari Unismuh Makassar, Kepala UPT SPF SD Negeri Borong, Hj Hendriati Sabir, M.Pd, juga tampak di antara para undangan.

Atas penghargaan yang diterimanya, Bu Nur mengucapkan terima kasih Kepada Ketua Dewan Pendidikan Kota Makassar, Rudianto Lallo. Perempuan kelahiran Palembongan, Polman, 7 Juli 1973 itu, layak diapresiasi karena sudah mengabdi sebagai guru selama 30 tahun.

“Saya merupakan guru paling lama mengabdi, diantara guru-guru yang menerima penghargaan pada malam itu,” jelas Bu Nur.

Disampaikan bahwa dia mulai mengabdi sebagai guru tahun 1993 di SD Islam Darul Hikmah, Bara-Baraya, Kecamatan Makassar. Tahun 2000, dia pindah ke Kelurahan Borong, Kecamatan Manggala. Karena alasan tidak punya kendaraan untuk mengantar jemput dirinya, maka dia pun meminta pindah.

Dia lalu pindah ke sekolah terdekat dari rumahnya, yakni SD Negeri Borong. Bu Nur merupakan guru honorer pertama di sekolah ini.

Salah satu tahapan lomba guru berdedikasi adalah wawancara. Bu Nur ditanya, berapa gajinya? Dijawab, awal masuk sebagai guru honorer, dia terima honor 50.000/bulan. Dua tahun kemudian, honornya naik menjadi 100 ribu per bulan.

Tim pewawancara lantas bertanya, kenapa tetap bertahan menjadi guru? Bu Nur menjawab, “Keikhlasan dan kemauan yang bikin saya tetap memilih jadi guru.”

Sekarang ini, sebagai guru kontrak, Bu Nur menerima gaji 1,5 juta setiap bulannya. Namun, yang diterima 1,3 karena ada potongan pajak termasuk untuk asuransi kesehatan.

Bu Nur diusulkan untuk ikut lomba guru berdedikasi oleh Pengawas SD Kecamatan Manggala, Dra Hj Singara, MM. Kebetulan Hj Singara juga pernah jadi Kepala Sekolah di SDN Borong jadi tahu sudah lama Bu Nur mengabdi sebagai guru.

Bu Nur dikaruniai 3 orang anak, masing-masing Syamsul Bahri, Fahrul Akram, dan Nur Ilmi Azzahra. Saat menerima penghargaan, dia ditemani anaknya, Zahra, murid kelas 6 SD Negeri Borong. Bu Nur juga sudah punya cucu 3 orang. Terkadang, saat berangkat mengajar, dia mengajak salah seorang cucunya.

Dalam Malam Anugerah Guru Berdedikasi dan Kepala Sekolah Inspiratif 2023 itu, terdapat 12 guru berdedikasi dan 12 kepala sekolah inspiratif. Bu Nur merupakan pemenang IV kategori guru berdedikasi jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Dia mendapat banyak ucapan selamat, mulai dari Kepala SD Negeri Borong, Hj Hendriati Sabir, rekan-rekan guru dan orangtua siswa. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Disbud Persembahkan Tari Bunga Buttayya, Kisahkan Perempuan dan Makassar di F8

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Dinas Kebudayaan Kota Makassar kembali memeriahkan event Makassar International Eight Festival & Forum atau F8 di Panggung Utama F8, Kawasan Tugu MNEK, CPI, Jumat (26 Juli 2024). Disbud Makassar menampilkan Tari Bunga Butayya yang menggambarkan karakter perempuan dan Makassar. Yang mana dua kata tersebut memiliki entitas yang tak bisa dipisahkan. Sosok perempuan […]

Read more
Makassar SULSEL Wajo

LSKP Bekerja sama Dinkes Kabupaten Wajo Gelar Bimtek Evaluasi Standar Pelayanan Minimal

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Lembaga Studi Kebijakan Publik (LSKP) mengadakan Bimbingan Teknis Evaluasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo Tahun Anggaran 2024 di Hotel M Regency Makassar dari tanggal 25 hingga 26 Juli 2024. Dr. drg. Hj. Armin, M. Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo mengatakan, Bimtek ini untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan […]

Read more
Lingkungan Makassar SULSEL

Rencana Dihadiri Joko Widodo, Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut Dipusatkan di Kota Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Perhelatan akbar Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut (BCL) akan dipusatkan di Kota Makassar pada Agustus 2024 mendatang. Kegiatan ini rencananya akan dihadiri langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo beserta jajaran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Gerakan ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah dalam mengurangi sampah di laut dan pesisir. Hal tersebut disambut […]

Read more