Dittipidkor Bareskrim Tetapkan Dua Tersangka Suap Pengurusan DID Kota Balikpapan

JAKARTA, EDELWEISNEWS.COM – Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Bareskrim Polri menetapkan dua tersangka kasus dugaan korupsi berupa suap pengurusan Dana Insentif Daerah (DID) Tahun Anggaran 2018 di Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri, Kombes Erdi Adrimulan Chaniago mengatakan, kedua tersangka yakni TA selaku Kadis PU Kota Balikpapan tahun 2016-2018 dan FI yang merupakan ASN BPK RI (Kasub Auditorat Kaltim I BPK-RI Perwakilan Kaltim tahun 2017-2019).

“Dari hasil gelar perkara penetapan tersangkapada 7 Februari, penyidik Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim telah menetapkan TA dan FI sebagai tersangka terkait dugaan tindak pidana korupsi berupa pemberian sesuatu oleh penyelenggara negara terkait pengurusan DID,” kata Erdi dalam keterangan tertulis, Jumat (23/2/2024).

Erdi mengatakan, kedua tersangka dipersangkakan Pasal 5 ayat (1) huruf a dan huruf b Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2001.

Seperti diberitakan, pengusutan kasus dugaan suap pengurusan DID di Kota Balikpapan merupakan pelimpahan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 16 Agustus 2023 lalu. “Bahwa pada tanggal 8 Januari 2024 telah dilakukan peningkatan status perkara aquo dari tahap penyelidikan ke penyidikan,” jelas Erdi.

Ia mengungkapkan, pada Maret 2017 lalu, RE selaku Walikota Balikpapan saat itu meminta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk mencari cara untuk meningkatkan anggaran DID Kota Balikpapan untuk tahun 2018.

Akhirnya, anak buah RE yaitu MM yang menjabat sebagai Kepala BPKAD meminta bantuan FI anggota BPK perwakilan Kaltim untuk meningkatkan anggaran DID. Kemudian FI menghubungi YP yang merupakan ASN di Kemenkeu.

“Saudara YP akhirnya menghubungi RS yang juga ASN di Kemenkeu yang mengklaim bisa mencairkan dan mengarahkan agar Pemkot Balikpapan mengajukan surat usulan DID,” terangnya.

Lebih lanjut, Erdi mengatakan Pemkot Balikpapan mengirimkan surat usulan DID untuk nantinya digunakan kegiatan di Dinas Pekerjaan Umum yang saat itu Kadis PU adalah TA. “FI menyampaikan kepada TA bahwa Kota Balikpapan mendapatkan dana Rp26 miliar,” kata Erdi

Namun untuk mencairkan dana tersebut, bahwa ada permintaan uang dari YP dan RS sebesar 5 persen atau sekitar Rp1,36 miliar. Apabila tidak diberikan, maka DID tersebut akan diserahkan ke daerah lain.

Akhirnya, TA mengiyakan permintaan uang yang diminta oleh YP dan RS melalui FI sebagai imbalan pengurusan DID.

“Uang tersebut ditaruh ke dalam dua buku tabungan, yang nantinya buku tabungan dan kartu ATM beserta PIN diserahkan ke YP dan RS melalui FI,” bebernya. (Ril)

Editor : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL TNI / POLRI

Pangdam XIV/Hsn Terima Audensi Tim Wilayah III/Sulawesi untuk Pembentukan Batalyon PDR

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Rabu (17/07/2024), Bertempat di ruang tamu Makodam. Panglima Kodam (Pangdam) XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P., didampingi sejumlah pejabat utama (PJU) Kodam, menerima audensi dari Tim Wilayah III/Sulawesi Pembentukan Batalyon Penyangga Daerah Rawan (PDR), yang di Ketuai oleh Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, S.I.P., M.M., Pa Sahli Tk. III Kasad Bidang […]

Read more
Jakarta Wajo

Andi Rosman Bersilaturahmi ke Kediaman H. Andi Muawiyah Ramly

WAJO, EDELWEISNEWS.COM – Bakal calon Bupati Wajo periode 2024, Andi Rosman atau yang kerap disapa AR melakukan kunjungan silaturrahmi di kediaman Drs. H. Andi Muawiyah Ramly, M.Si. di Kompleks DPR RI Kalibata. L 17, Jakarta (17 Juli 2024). Dalam kunjungannya ini AR disambut hangat oleh Dewan Suro Partai PKB tersebut, yang diselingi dengan makan malam […]

Read more
Makassar SULSEL TNI / POLRI

Aspers Kasdam XIV/Hsn Memimpin Rapat Evaluasi Progjagar Kodam XIV/Hsn Bidang Personel Semester I

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Asisten Personalia (Aspers) Kasdam XIV/Hasanuddin Kolonel Arh Henri Yudi Setiawan, S.I.Pem, memimpin Rapat Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran (Progjagar) Kodam XIV/Hasanuddin Bidang Personel Semester I TA. 2024, bertempat di Balai Pertemuan Hasanuddin (BPH) Makodam, Jalan Urip Sumoharjo, Kota Makassar, Selasa, (16/7/2024). Rapat evaluasi Progjagar ini diselenggarakan dengan tujuan sebagai sarana komunikasi […]

Read more