DKP Kota Makassar Lakukan Pengambilan dan Pengujian Sampel Pangan Segar Asal Tumbuhan

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Makassar melakukan pengambilan dan pengujian sampel Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) di Pasar Sentral dan HERO Mall Ratu Indah, Jumat (1/3/2024).

Pengujian sampel pangan dilakukan oleh petugas Lab. Bidang Ketahanan Pangan, Hadaria dan dilaksanakan di Mobil Laboratorium AMMOLI ( Aman Dengan Mobil Laboratorium) Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar Dr Alamsyah Sahabuddin, S. Stp, M.Si mengatakan, kegiatan ini merupakan penyediaan sarana dan prasarana pengujian mutu dan keamanan pangan segar asal tumbuhan.

“Hari ini Dinas Ketahanan kota Makassar melakukan pengambilan dan pengujian sampel pangan segar asal tumbuhan. Tujuannya untuk memastikan keamanan pangan sebelum dikomsumsi masyarakat,” tutur Alamsyah Sahabuddin.

Kata Alamsyah Sahabuddin, pangan segar asal tumbuhan juga merupakan pangan yang berisiko tinggi terhadap pencemaran kimia, seperti pestisida, residu dan lain – lain yang dapat menganggu kesehatan manusia, maka dari itu perlu dilakukan pengawasan.

“Pangan segar asal tumbuhan seperti sayur -.sayuran dan buah – buahan juga merupakan pangan yang berisiko tinggi karena pencemaran kimia, seperti pestisida, residu, dan lain – lain yang mengandung zat kimia, kalo dikomsumsi dapat menganggu kesehatan manusia,” tutur Alamsyah Sahabuddin.

Pengambilan sampel asal tumbuhan antara lain, sayur -sayuran dan buah – buahan untuk diuji kandungan pestisidanya dengan menggunakan rapid test kit pesticida atau uji cepat l. (**)

Editor : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL TNI / POLRI

Pamen Ahli Bid. Ekonomi Poksahli Wakili Pangdam XIV/Hsn Menghadiri Rakor Inflasi Pengendalian Inflasi Daerah 2024

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Pamen Ahli Bidang Ekonomi Poksahli Kolonel Kav Demak Sianturi, S.E mewakili Pangdam XIV/Hasanuddin menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024, di Baruga Lounge, Lantai I Gedung A Kantor Gubernur Sulsel, Jl. Urip Sumoharjo, Kota Makassar, Senin (24/6/2024). Rakor ini dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI) Jenderal […]

Read more
Haji Makassar SULSEL

Pamen Ahli Bid. Ilpengtek Wakili Pangdam Hadiri Penerimaan Jemaah Haji Kloter UPG 01 Embarkasi Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Pamen Ahli Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Ilpengtek) Poksahli Kolonel Inf Indra Kurnia, S.Sos mewakili Pangdam XIV/Hasanuddin menghadiri penerimaan kepulangan jemaah haji Kloter Ujung Pandang (UPG) 01 Embarkasi Makassar, bertempat di Aula Arafah, Asrama Haji Embarkasi, Jl. Bakung 1 Sudiang, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar, Minggu (23/6/2024). Kepulangan jemaah haji ini, merupakan suatu […]

Read more
Makassar SULSEL

Unit Resmob Polres Gowa Berhasil Menangkap Pelaku Penipuan Arisan

GOWA, EDELWEISNEWS.COM – Pada hari Sabtu, 22 Juni 2024, sekitar pukul 04.20 Wita, Unit Resmob Satreskrim Polres Gowa berhasil mengungkap dan menangkap seorang pelaku penipuan di Perumahan Citraland Celebes, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Senin (24/6/2024). Kasus penipuan ini dilaporkan di SPKT Polres Gowa pada tanggal 20 Maret 2024 oleh korban perempuan inisial SR (30), […]

Read more