Enam Manfaat Air Mawar

JAKARTA,EDELWEISNEWS.COM – Bunga mawar melambangkan cinta, kasih sayang, ketulusan, serta kebahagiaan. Tak hanya digunakan untuk mengungkapkan isi hati, mawar pun digunakan di dalam dunia kecantikan.

Kelopak bunga mawar dijadikan produk air mawar. Ekstrak mawar bisa dijadikan parfum, toner, minyak, bahkan teh. Bukan sekedar wangi, air mawar ternyata memiliki banyak manfaat. Berikut 6 manfaat air mawar seperti dilansir dari Health Line, Sabtu, 20 April 2019.

  1. Meredakan Iritasi Kulit

Salah satu manfaat terbesar dari air mawar ialah sifat anti-inflamasi yang kuat. Alhasil, air mawar dapat membantu mengobati penyakit dalam maupun luar seperti iritasi kulit yang ringan maupun parah.

2. Anti Penuaan

Bila Anda memiliki banyak kerutan wajah, air mawar bisa jadi jawaban untuk membantu menguranginya. Sifat anti-aging yang terkandung dalam air mawar bisa membuat Anda terkejut bila menggunakannya secara teratur.


3. Menyembuhkan Sakit Kepala

Ilustrasi air mawar

Saat sakit kepala melanda, jangan langsung minum obat. Sebuah penelitian membuktikan bahwa uap dari air mawar bisa mengurangi sakit kepala. Air mawar atau minyak esens mawar yang biasa dijadikan aromaterapi bisa membantu menyembuhkan sakit kepala Anda.

4. Mengurangi Kemerahan pada Kulit

Air mawar sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu. Tidak heran sejak dulu sudah dipercaya untuk mengurangi permasalahan wajah seperti kemerahan pada kulit. Sifat air mawar yang antibakteri bisa pula mengurangi jerawat dan wajah bengkak.

5. Antioksidan

Mawar mengandung antioksidan sehingga bisa melindungi sel dari kerusakan. Fungsi antioksidan seperti menetralkan radikal bebas, meningkatkan produksi kolagen, mengurangi garis halus dan kerutan, mengurangi bintik hitam, serta mengurangi jerawat.

6. Menyembuhkan Luka

Air mawar ternyata dapat menyembuhkan luka seperti luka bakar maupun menghilangkan bekasnya. Sifat antiseptik dan antibakteri yang terkandung membantu penyembuhan luka lebih cepat. Air mawar membantu membersihkan serta melawan infeksi luka. (lip)

Editor : Anisah S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kesehatan

Cara Menurunkan Asam Urat, Ubah Pola Makan dan Gaya Hidup

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Asam urat adalah jenis radang sendi yang berkembang ketika kadar asam urat darah tinggi secara tidak normal. Asam urat membentuk kristal di persendian, seringkali di kaki dan jempol kaki, yang menyebabkan pembengkakan parah dan menyakitkan. Beberapa orang memerlukan obat untuk mengatasi asam urat, tetapi perubahan pola makan dan gaya hidup juga dapat […]

Read more
Kesehatan Makassar

DWP Unit Kerja Bapenda Makassar Gelar Bakti Sosial Pemeriksaan Kesehatan dan Donor Darah

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Makassar, unit kerja Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar melaksanakan bakti sosial pemeriksaan kesehatan dan donor darah yang diadakan di Kantor Bapenda, Rabu (7/2/2024). Kegiatan ini bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan RSUD Labuang Baji yang sejalan dengan program kerja Bidang Sosial Budaya DWP. Baksi […]

Read more
Ibu dan Anak Kesehatan Makassar SULSEL

Sekda Imbau Pentingnya Komitmen Penuh Stakeholder Tangani Penurunan Stunting

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM — Pj Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra mengimbau agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk fokus berperan dalam aksi percepatan penurunan angka stunting di Kota Makassar. Hal itu diungkapkan saat memimpin Rapat Kordinasi (Rakor) Percepatan Penurunan Angka Stunting 2024 yang digelar di Ruang Sipakalebbi, Senin (5/2/2024). Ia menyampaikan perlunya komitmen dan upaya […]

Read more