Goa Batu Sumpang Labbu Beri Rejeki Warga Sekitar

BONE,EDELWEISNEWS.COM – Goa Batu buatan Belanda yang berada di Sumpang Labbu Kec. Bengo Kab. Bone menjadi saksi pertukaran dan pertumbuhan ekonomi menuju beberapa kabupaten di wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

Dalam situasi mudik di bulan Ramadhan seperti sekarang ini, intensitas pengangkutan barang dan jasa semakin meningkat melewati Goa Batu tersebut.

Goa Batu Cadas ini memberi peluang mata pencaharian tambahan bagi masyarakat sekitarnya.

Lokasi Goa Batu Sumpang Labbu, Kab. Bone (Foto : Adi Summit/edelweisnews.com)

Setelah bertani dan berkebun, masyarakat akan beranjak ke Sumpang Labbu untuk menuntun mobil dump truk bermuatan besar di kelokan Sumpang Labbu dan bongkar muat di Goa Batu. Selain itu, mereka juga membantu lalulintas kendaraan agar tidak macet.

Seperti dituturkan Supriadi(37) kepada edelweisnews.com, mobil yang lewat sekitar 5 sampai 15 truk per hari. “Kalau membantu sopir mobil membongkar barang biasa kami dapat Rp 25.000/mobil, tetapi kalau kami hanya 4 orang bisa capai Rp50.000 per orang,” tutur Supriadi.

Ketika ditanya kenapa goa cadas tidak dibongkar untuk memperlancar arus lalulintas, dia menjawab pernah ada yang coba hal tersebut.
“Baru-baru ini ada rencana pembongkaran, ada yang membawa bor sling tetapi hanya sedikit cadas yang terbuka jadi tidak dilanjutkan,” tambah Supriadi.

Keberadaan Sumpang Labbu, selain memberi rejeki untuk masyarakat sekitarnya, juga memiliki sejarah dan cerita tersendiri bagi masyarakat Sulawesi Selatan.

Penulis : Adi Summit

Editor. : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar Pariwisata SULSEL

Dispar Makassar Perkuat ‘City Branding’ serta Tingkatkan MICE Nasional dan Internasional

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar terus memperkuat ‘City Branding’ serta meningkatkan kegiatan MICE, sejalan dengan visi Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, untuk mengembangkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif. Kepala Dispar Kota Makassar, Muhammad Roem mengatakan, Dispar Makassar terus berupaya memperkuat City Branding ‘Makassar Kota Makan Enak’ yang diinisiasi oleh Danny Pomanto. […]

Read more
Makassar SULSEL

Petinggi BSI Harap Pemkot Makassar Jadi Mitra Bersama UMKM di Kota Daeng

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menjamu makan malam Komisaris dan Pejabat Utama Bank Syariah Indonesia (BSI) Pusat, Senin (15 Juli 2024) di kediamannya, Jalan Amirullah, Makassar. Danny Pomanto juga mengajak para petinggi BSI ini untuk hadir di Festival F8 dan menyediakan satu booth tersendiri bagi bank syariah tersebut. “Kita perkenalan dan […]

Read more
Makassar SULSEL

Danny Pomanto dan Kejari Makassar Pererat Kerja Sama Bidang Hukum dan Pendampingan Proyek Strategis

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar yang baru Nauli Rahim Siregar mempererat kerja sama bidang hukum dan pendampingan terhadap proyek strategi Pemkot Makassar. “Tidak lain silaturahmi ini ialah mempererat kerja sama dalam bidang hukum. Termasuk evaluasi terhadap pendampingan proyek strategis daerah,” kata Ramdhan Pomanto usai menerima […]

Read more