Hari Ketiga di Mekkah, Kloter 3 Embarkasi Makassar Adakan Monev

MEKKAH, EDELWEISNEWS.COM – Pada hari ketiga di Kota Mekkah, Ketua Kloter 3 UPG, Embarkasi Makassar, H. Syahruddin Sainur melaporkan dari Kota Mekkah, bersama petugas dan Jamaah Calon Haji (JCH) Kloter 3 mengadakan rapat monitoring dan evaluasi (monev) terkait pembinaan terpadu di tempat penginapan, Sabtu (20/07/2019).

H. Syahruddin Sainur sebagai ketua bertindak selaku pimpinan rapat. Sebelum menyampaikan arahan-arahannya terlebih dahulu menyampaikan salam khusus dari Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Parepare, H. Abdul Gaffar kepada tim pembimbing ibadah dan seluruh jamaah haji kloter 03 UPG.

Pesan-pesan yang disampaikan oleh Kakan Kemenag Parepare melalui H. Syahruddin Sainur, kiranya JCH menjaga kondisi tubuh dan mengurangi aktivitas yang tdk terlalu penting, agar selalu fit dalam menghadapi puncak pelaksanaan ibadah haji yang masih cukup lama.

Setelah menyampaikan pesan dari Kakan Kemenag, kemudian H. Syahruddin Sainur menyampaikan dan menekankan beberap poin kepada JCH.

Syahruddin meminta JCH tidak terlalu banyak melakukan aktivitas di luar hotel yang bisa menguras tenaga dan dapat mengganggu kesehatan. Khususnya untuk lansia dan risti agar shalat berjamaah di mushalla hotel, utamanya shalat dhuhur dan ashar

“Tidak memaksakan diri untuk mencium hajar aswad, tidak menganggapnya sebagai syarat sah haji, apalagi berlomba2 memperbanyak mencium hajar aswad utk membanga-banggakan diri,” ujar Syahruddin.

Lanjutnya, jamaah yang ingin salat dhuhur di masjid haram harus makan siang terlebih dahulu, agar beribadah dalam keadaan tidak lapar, apalagi makanan untuk siang hanya boleh dikonsumsi sampai dengan pukul 13.00 siang.

H. Syahruddin Sainur berharap semoga JCH Kloter 3 bisa mengerti dan memahami apa yang telah disampaikan.

“Agar tidak terjadi hal-hal yang kita tidak inginkan, seperti sakit atau drop menghadapi puncak ibadah haji. (dep)

Editor : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Haji Internasional

Sepekan Pemulangan Jemaah, Lebih 50% Penerbangan Garuda Alami Keterlambatan

MADINAH, EDELWEISNEWS.COM – Proses pemulangan jemaah haji Indonesia sudah berlangsung sejak tanggal 22 Juni 2024. Tahap ini diawali dengan kepulangan jemaah kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Surabaya (SUB 01) dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah dan kloter kedua Embarkasi Solo (SOC 02) dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. Sepekan fase pemulangan […]

Read more
Haji Makassar SULSEL

Pamen Ahli Bid. Ilpengtek Wakili Pangdam Hadiri Penerimaan Jemaah Haji Kloter UPG 01 Embarkasi Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Pamen Ahli Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Ilpengtek) Poksahli Kolonel Inf Indra Kurnia, S.Sos mewakili Pangdam XIV/Hasanuddin menghadiri penerimaan kepulangan jemaah haji Kloter Ujung Pandang (UPG) 01 Embarkasi Makassar, bertempat di Aula Arafah, Asrama Haji Embarkasi, Jl. Bakung 1 Sudiang, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar, Minggu (23/6/2024). Kepulangan jemaah haji ini, merupakan suatu […]

Read more
Haji

Hingga Hari Ini 32 Ribu Jemaah Daftarkan Diri Ikut Skema Murur

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid (foto : Kemenag RI) MAKKAH, EDELWEISNEWS.COM – Kebijakan mabit di Muzdalifah dengan skema murur yang dikeluarkan Kementerian Agama (Kemenag) dalam penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M ini disambut baik oleh jemaah haji Indonesia. Ini ditunjukkan dengan antusiasme jemaah yang mendaftar untuk mengikuti skema murur. Direktur Layanan Haji Luar […]

Read more