Head to Head Survei SRS: Ganjar Kalah Lawan Prabowo

0
40

JAKARTA, EDELWEISNEWS.COM— Hasil simulasi Head to Head dua nama antara kandidat calon presiden Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melawan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo diungkap oleh Lembaga Survei Surabaya Research Syndicate (SRS). Hasilnya, Prabowo menang telak atas Ganjar.

Peneliti SRS Edwin Abdul memaparkan dalam rilis hasil temuan survei terbarunya, bahwa elektabilitas Prabowo semakin melebar ketika SRS membuat simulasi Pilpres terjadi dua putaran dan hanya diikuti oleh dua capres saja.

“Jika saat ini dilaksanakan Pilpres putaran kedua dan hanya diikuti oleh Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo, ternyata sebanyak 51,3% responden mengaku memilih Prabowo, kemudian 45,2% menyatakan memilih Ganjar,” ungkap Edwin.

Adapun, sebanyak 3,5% responden menyatakan belum memiliki pilihan atau undecided voters. Dan, diketahui dalam simulasi Head to Head ini, pendukung Anies Baswedan di Jawa Timur cenderung akan bermigrasi mendukung Prabowo.

Survei SRS ini dilakukan pada periode 3-12 September 2023 dengan menggunakan metode teknik pengambilan sampel secara acak sistematis (Multistage Random Sampling).

Survei SRS ini menggunakan sampel sebanyak 1000 responden yang didistribusikan ke seluruh Kota/Kabupaten yang ada di seluruh Jawa Timur secara proporsional seperti Kota Surabaya, Kabupaten Malang, Kabupaten Jember, Blitar, Kota Pasuruan, dan Kota Probolinggo.

Kemudian, Margin of Error dalam Survei SRS ini diketahui kurang lebih 3,1 persen dan pada tingkat kepercayaan (Level of Confidence) sebesar 95 persen.

Tingkat Elektabilitas Capres di Jawa Timur (Top of Mind)

Prabowo Subianto 26,1%
Ganjar Pranowo 22,6%
Anies Baswedan 14,2%
Tokoh-tokoh lainnya 32,7%
Tidak Tahu/Undecided 4,4%

Tingkat Elektabilitas Capres di Jawa Timur (Simulasi 3 Nama)

Prabowo Subianto 43,8%
Ganjar Pranowo 39,7%
Anies Baswedan 15,2%
Tidak Tahu/Undecided 1,3%

Elektabilitas Pasangan Capres-Cawapres di Jawa Timur (Simulasi 3 Pasangan)

Prabowo Subianto/Erick Thohir 43,5%
Ganjar Pranowo/Sandiaga Uno 40,2%
Anies Baswedan/Muhaimin Iskandar 14,6%
Tidak Tahu/Undecided 2,1%

Tingkat Elektabilitas Partai Politik di Jawa Timur

PDI Perjuangan 21,5%
P K B 18,1%
Partai Gerindra 16,8%
Partai Demokrat 7,8%
Partai Golkar 7,5%
Partai NasDem 7,1%
P K S 3,8%
P P P 3,7%
P A N 3,3%
Partai Perindo 3,2%
Partai-partai lainnya 3,3%
Tidak Tahu/Undecided 3,9%

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini