HUT ke – 64 Parepare, Pj Gubernur Ingin Kembalikan Kejayaan Kota Parepare sebagai Pusat Niaga

PAREPARE, EDELWEISNEWS.COM.- Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin didampingi Pj Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel Sofha Marwah Bahtiar, menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 Kota Parepare, yang dipusatkan di Gedung Auditorium IAIN Parepare, Minggu (18 Februari 2024). Dalam sambutannya, Bahtiar mengungkapkan keinginannya mengembalikan kejayaan Kota Parepare sebagai pusat niaga atau perdagangan.

Bahtiar mendukung penuh pertumbuhan ekonomi Kota Parepare melalui pelabuhan dan pergudangan. Untuk membuat pelabuhan ramai, harus didukung dengan produksi yang mumpuni agar kapal-kapal besar masuk mengambil hasil pertanian, hasil kelautan, perikanan, dan peternakan. 

“Nah ini harus didukung dengan produksi yang sangat besar dari para petani, nelayan, dan peternak,” kata Bahtiar. 

Menurut Bahtiar, Pelabuhan Parepare ini di tahun 1600-an merupakan pelabuhan pusat perdagangan yang sangat ramai dan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat. 

“Kalau hari ini Kota Parepare ingin menjadikan pelabuhan sebagai pusat ekonomi di Parepare, ini sebenarnya bukan menuju kesana tapi mengembalikan kejayaan Parepare di tahun 1600-an. Nah kenapa hal ini kita tidak bisa lakukan?” ujarnya.

Pada momentum tersebut, ia menyampaikan, kehebatan Provinsi Sulsel ini tentunya didukung dari daerah-daerah hebat, salah satunya Kota Parepare. 

“Gubernur bisa hebat kalau semua pemerintah daerah hebat, kalau wali kota dan bupati yang hebat. Dan atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, kami mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun Kota Parepare yang ke-64 tahun,” ucapnya. 

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali berharap bantuan dari Pemprov Sulsel untuk membantu pengembangan ekonomi melalui sektor pelabuhan dan pergudangan di Kota Parepare. 

“Kami butuh bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah,” harapnya. 

Hadir pada perayaan HUT Kota Parepare tersebut, Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulsel dan Pemkot Parepare, Forkopimda Kota Parepare, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang pernah memimpin Kota Parepare. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gowa Makassar SULSEL

Menpan RB, Danny Pomanto dan Adnan Dinner Bareng di Rujab Bupati Gowa

GOWA, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menghadiri undangan makan malam Bupati Gowa Adnan Purichta bersama Menpan-RB Abdullah Azwar Anas di Rujab Bupati Gowa, Jumat (19 Juli 2024). Danny Pomanto, sapaan akrab Ramdhan Pomanto hadir sekira pukul 20.00 Wita dengan mengenakan batik motif merah. Disana wali kota dua periode ini pun langsung disambut […]

Read more
LEGISLATIF SULSEL Wajo

Tiga Ranperda Ditetapkan Pemda Wajo dan DPRD Lewat Rapat Paripurna

WAJO, EDELWEISNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Wajo dan DPRD menandatangani persetujuan kesepakatan bersama penetapan 3 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) melalui Rapat Paripurna DPRD Wajo, Jumat (19/7/2024). Tiga Ranperda yang ditetapkan yakni, Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2023, Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Perubahan atas […]

Read more
Makassar SULSEL Wajo

Pemda Wajo dan Pemda Takalar Teken MoU Kerja Sama Mendukung Penanganan Dampak Inflasi Daerah

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Wajo dan Pemerintah Kabupaten Takalar melakukan kerjasama dengan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk mendukung Penanganan Dampak Inflasi Daerah. Penandatanganan MoU itu dilakukan dalam bentuk kerja sama Perdagangan Komoditas Unggulan antar Daerah yang dilakukan di Aula Bappelitbangda Provinsi Sulawesi Selatan, Makassar, Rabu (17/7/2024). Proses pelaksanaan penandatanganan MoU dilakukan langsung Pj. […]

Read more