HUT ke-75 Infanteri, Danrindam XIV/Hsn Wakili Pangdam Lepas Tonting Yudha Wastu Pramuka Jajaran Kodam XIV/Hsn dan Divif-3/Kostrad

0
82

MAROS, EDELWEISNEWS.COM – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Infanteri, Danrindam XIV/Hasanuddin Kolonel Inf Aji Mimbarno, S.A.P., mewakili Pangdam, memimpin Upacara pelepasan tradisi Peleton Beranting (Tonting) Yudha Wastu Pramuka Jaya, Lap. Waspada Brigif 3/Kostrad, Kab. Maros, Minggu (17/12/2023).

Upacara pemberangkatan Tonting ditandai dengan penyerahan simbol-simbol atau panji korps Infanteri kepada peserta tonting. Tonting menggambarkan salah satu kemampuan dasar dan daya tahan prajurit, dimana kegiatan ini, bukan hanya dilaksanakan korps Infanteri saja, namun semua korps Banpur yang ada di jajaran TNI AD.

Tonting, yang diikuti oleh seluruh perwakilan prajurit jajaran Kodam XIV/Hasanuddin dan Divisi Infanteri (Divif) 3/Kostrad tersebut merupakan tradisi yang dilakukan setiap tahunnya menjelang HUT Korps Infanteri dan merupakan penghormatan, penghargaan terhadap jasa para pahlawan terutama Panglima Besar Jenderal Sudirman.

Melalui Peleton Beranting ini diharapkan dapat menyegarkan kembali tekad dan semangat juang setiap prajurit Infanteri dalam mengawal dan menjamin keselamatan bangsa dan negara dari ancaman yang datang dari luar maupun dari dalam negeri, seperti yang pernah ditampilkan dengan semangat juang para pendahulu prajurit Korps Infanteri.

Selain itu, dengan gerakan peleton beranting ini pula, kita dapat memelihara mobilitas jalan kaki satuan-satuan Satpur dan Banpur serta menjaga kondisi fisik perorangan, serta para prajurit dalam rangka pemeliharaan mutu tempur satuan.

Sumber : Pendam XIV Hsn

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini