Inovasi MARIKI Dinas Perpustakaan Makassar Tembus TOP 30 KIPP Tingkat Propinsi

0
215

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Dinas Perpustakaan Kota Makassar memiliki sejumlah inovasi menarik dalam meningkatkan pelayanan. Salah satunya yakni Inovasi Magang Mandiri Khusus Alumni (MARIKI) ke Perpustakaan dari Dinas Perpustakaan Makassar.

Inovasi MARIKI tersebut akhirnya tembus TOP 30 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2022. Hal ini berdasarkan pengumuman yang ditandatangani Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Nomor: 060/ 3502/ B. Organisasi tanggal 4 April 2022 tentang Top 30 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2022 dan 6 Finalis Kelompok Replikasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun

Sebelumnya ada 3 inovasi dari Pemerintah Kota Makassar yang masuk Top 50 Tingkat Provinsi Tahun ini. Namun setelah mengikuti sesi presentasi, wawancara dan verifikasi lapangan maka hanya 1 yang lolos di top puncak atau Top 30, yakni inovasi MARIKI dari sebagai Top 30 dan Inovasi POSE (Pajaga Sikola Salewangang) dari Dinas Pendidikan yang inovasinya dilaksanakan di SDN Kompleks Sambung Jawa Makassar, sebagai salah satu 6 Finalis Kelompok Replikasi.

Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Tenri A Palallo sangat senang dan bangga atas lolosnya satu lagi inovasi dari Dinas Perpustakaan.

Katanya, inovasi tersebut berbeda dari inovasi-inovasi sebelumnya, karena selain sebagai bentuk layanan, inovasi ini juga membuka lapangan kerja khususnya bagi alumni jurusan Ilmu Perpustakaan.

“Inovasi ini memberi dampak yang luas, karena disatu sisi mengurangi pengangguran terbuka dan meningkatkan income keluarga, juga mendorong peningkatan layanan perpustakaan. Jika tenaga perpustakaan sesuai standar dan perpustakaannya juga telah sesuai standar, tentunya akan meningkatkan kegemaran membaca dan indeks literasi masyarakat,” pungkas Tenri yang ditemui Senin (4/4/2022)

Penulis : Jesi Heny

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini