Inovasi “Pintar” Dinas Perpustakaan Mampu Meningkatkan Jumlah Kunjungan Perpustakaan

0
12

Ruang Baca Perpustakaan SD dan SMP di Kota Makassar Terakreditasi (foto : Ist)

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Tahun 2024, Dinas Perpustakaan Kota Makassar memiliki inovasi baru yang diberi nama PINTAR atau akronim Platform Informasi Perpustakaan Aktual dan Real Time. Inovasi ini menyajikan data perpustakaan binaan Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Seperti data pengunjung, koleksi dan data umum perpustakaan.

Tujuan inovasi ini untuk menghimpun data perpustakaan di Kota Makassar secara real time, sehingga data akurat mudah diperoleh, diolah dan disajikan untuk bahan perencanaan dan pengembangan perpustakaan. Selain itu, Inovasi ini dapat memantau/ mengontrol aktivitas perpustakaan binaan, juga menjadi data bersama atau satu data perpustakaan bagi Tenaga Perpustakaan di Kota Makassar. Setiap tenaga perpustakaan diberikan akses untuk menginput data perpustakaannya ke link drive yang diberikan oleh Dinas Perpustakaan Kota Makassar.

Setelah implementasi berjalan 2 bulan, salah satu data yang terpantau mengalami peningkatan yakni pengunjung perpustakaan khususnya di Perpustakaan Sekolah binaan. Capaian jumlah pengunjung perpustakaan di perpustakaan sekolah naik tertinggi dibandingkan jumlah pengunjung di Perpustakaan Umum Kota, kecamatan, kelurahan dan kepulauan.

Untuk di Bulan Februari walaupun data belum semua masuk di link data bersama, khususnya di Perpustakaan Binaan SMP/ MTs mengalami peningkatan diangka 20.647 orang pengunjung atau naik 24% dibandingkan angka pengunjung di bulan Januari 2024 yang berada di angka 16.563 orang. Sedangkan capaian jumlah pengunjung untuk seluruh Perpustakaan Binaan Dinas Perpustakaan Kota Makassar di bulan Februari 2024 yakni diangka 49.498 orang atau naik 26% dari bulan Januari 2024 yang di angka 39,218 orang.

Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Andi Patiware Bau Djemma mengungkapkan, bahwa inovasi ini sebagai upaya memudahkan penyajian data perpustakaan yang selama ini permasalahan data masih menjadi permasalahan tersendiri.

“Dengan inovasi ini, data mudah diperoleh, data terbuka dan bisa dipantau bersama. Salah satu dampak yang lain, data pengunjung meningkat dan kami memberikan apresiasi sekaligus motivasi berupa piagam penghargaan kepada perpustakaan yang mencapai pengunjung perpustakaan terbanyak mulai bulan Januari 2024,” ujarnya.

“Pada bulan Januari ada 2 Perpustakaan Sekolah yang diberikan piagam penghargaan yakni Perpustakaan Lagaligo SMP Negeri 4 Makassar untuk kategori Perpustakaan SMP/ MTs dan Perpustakaan Permata SDI Bakung Makassar untuk kategori Perpustakaan SD/MI. Inovasi PINTAR ini diharapkan dapat menjadi salah satu instrumen untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) di Kota Makassar. Karena dalam Inovasi PINTAR ini sudah ada unsur data IPLM, seperti tingkat kunjungan masyarakat, tenaga perpustakaan, loleksi, jumlah perpustakaan yang terakreditasi,” terang Andi Patiware, Kamis (28/3/2023).

Pustakawan Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Tulus Wulan Juni yang mengelola inovasi ini mengaku senang ada dampak yang mulai terlihat.

“Awalnya data perpustakaan itu tersaji terpisah-pisah sehingga kesulitan dalam mengolah data setiap tahun. Setelah dibuat satu data dalam link drive dan nantinya akan terus dikembangkan, akhirnya pengolahan dan penyajian data lebih mudah karena seluruh data menjadi satu,” tutur Tulus.

Lanjutnya, saat ini sudah ada 5 unit data perpustakaan yang dimuat dalam sistem yakni Perpustakaan Umum sebanyak 111 unit yang terdiri dari Perpustakaan Umum Kota, Perpustakaan Umum Kec, Kel dan Kepulauan serta Komunitas. Selanjutnya Perpustakaan Keliling sebanyak 3 unit, Perpustakaan Khusus 3 unit, Perpustakaan Sekolah sebanyak 40 unit yang telah terakreditasi dari 445 data Perpustakaan SD dan SMP yang terinput dan data Perpustakaan Digital/ Online. (TWJ)

Editor : Jesi Heny

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini