ISEF 2019 Sajikan Pembahasan Tentang Safety, Security and Fans Education

JAKARTA, EDELWEISNEWS.COM – Indonesia Sport Expo and Forum (ISEF) keempat atau Forum dan Pameran Olahraga ISEF 2019 di JCC Senayan, Jakarta, di hari ketiga, Jumat (23/8) menyajikan pembahasan mengenai Keselamatan, Keamanan dan Edukasi Fans (Safety, Security and Fans Education).

Hadir sebagai pembicara yang mengisi materi adalah Adi Nugroho, salah satu Security Officer dari PSSI dan satu pembicara undangan dari AFC, Sam Chmayse (Safety and Security AFC).

“Peran seorang security officer sangat penting bagi sebuah klub karena sebagai persyaratan club licensing oleh AFC. Jadi setiap klub, terutama peserta club licensing AFC ini harus memiliki Security Officer. Mereka ini bertanggung jawab untuk bagaimana mengatur prosedur keselamatan dan keamanan penyelenggaraan pertandingan di klubnya,” buka Sam.

Terkait materi Security Officer, setiap tahun pasti ada perubahan. Baik FIFA maupun AFC menyatakan bahwa regulasi keamanan selalu berkembang sesuai dengan dinamika ancamannya. Kemudian cara penanganannya sesuai dengan kondisi di sebuah tempat atau daerah juga selalu berubah.

“Kami di AFC menyadari bahwa resiko, dan situasi di setiap negara pasti berbeda-beda. Untuk itu seorang Security Officer itu tidak bisa bekerja sendiri. Dia harus bekerja sama dengan tim lain dalam sebuah kepanpelan lokal daerahnya. Misalnya korelasi di antara bagian dari security itu mulai dari tata parkir sampai pengamanan keadaan darurat, di dalam maupun di luar lapangan pertandingan,” jelas Sam.

Mengenai fans, Sam mengatakan, fans sama pentingnya seperti Security Officer untuk sebuah klub. Namun, ada beberapa trik bagaimana untuk mengedukasi mereka.

“Fans sama pentingnya dalam lingkungan keluarga sepak bola. Namun bagaimana mengedukasi mereka, itulah sebagian dari tugas Security Officer. Merangkul mereka dan berikan seminar-seminar setiap awal mulai kompetisi, selalu melibatkan fans atau suporter dalam setiap acara sepak bola yang diselenggarakan oleh klub atau tim nasional,” ungkapnya.

“Memang tidak mudah. Di tempat saya (Australia) butuh waktu 10 tahun, tapi saya yakin dengan kemampuan sumber daya manusia yang kalian miliki, Indonesia bisa melakukannya di masa mendatang,” sambungnya.

Terakhir, Sam menyarankan cara meminimalisir terjadinya kericuhan di dalam lapangan.

“Anda harus memiliki metode penjualan tiket satu musim penuh, dimana disitu Anda bisa mendata penonton yang akan menonton pertandingan sepak bola. Dari situ Anda juga bisa menyaring mana suporter yang benar-benar cinta bola dan mana yang tidak. Apabila dari data tersebut, ada satu atau beberapa orang yang membuat masalah, Anda bisa menghukumnya. Misalnya, tidak bisa memasuki stadion selama jangka waktu tertentu, atau bisa jadi seumur hidupnya, dan dia masuk catatan hitam database Anda,” tutupnya. (PSSI)

Editor : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar Olahraga SULSEL

Peserta Senam Ininnawa Baik untuk Semua Lampaui Target, Indira Yusuf Ismail : Terima Kasih yang Sudah Hadir

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM.– Bakal Calon Wali Kota Makassar 2024, Indira Yusuf Ismail menyampaikan terima kasihnya di hadapan puluhan ribu peserta senam Ininnawa Baik Untuk Semua yang memadati lokasi acara, Anjungan MNEK CPI, Minggu (14/7/2024). Hal itu disampaikan Indira Yusuf Ismail saat memberikan sambutan di hadapan puluhan ribu peserta senam Ininnawa Baik Untuk Semua. “Terima kasih kepada […]

Read more
Makassar Olahraga SULSEL

Kajasdam XIV/Hsn Wakili Pangdam Hadiri Penutupan Turnamen Sepakbola Walikota Cup VII Kota Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kepala Jasmani Kodam (Kajasdam) XIV/Hasanuddin Kolonel Inf Amran Aris Sallo mewakili Pangdam, menghadiri penutupan Turnamen Sepakbola Walikota Cup VII Kota Makassar. Penutupan Walikota Cup dipimpin oleh Pj. Gubernur Sulsel Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, S.H, M.H di Lapangan Hasanuddin, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Makassar, Minggu, (14/7/2024). Turnamen tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah […]

Read more
Makassar Olahraga SULSEL

Tim Karate Kodam XIV/Hsn Juara Umum Kejuaraan Open Internasional Karate Championship Piala Presiden RI I

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Pertandingan Kejuaraan Open Internasional Karate Championship Piala Presiden RI I Tahun 2024 sukses digelar di GOR Unhas Makassar pada tanggal 4 hingga 6 Juli 2024. Dalam pertandingan tersebut Tim Karate Kodam XIV/Hasanuddin meraih prestasi gemilang, mengumpulkan total 18 medali dengan rincian 9 medali emas, 5 medali perak dan 4 medali perunggu. Pertandingan […]

Read more