Jalan Poros Wajo – Bone Terputus, Ini Terjadi Setiap Tahun

WAJO,EDELWEISNEWS.COM – Setiap tahun jalan primer poros Wajo – Bone yang terletak di Dusun Cempae, Kec Pammana, Kab Wajo selalu terputus akibat intensitas hujan yang tinggi.

Letak badan jalan berhubungan dengan bibir sungai dua arah menuju lengkungan, mengakibatkan badan jalan terus tergerus ketika debit air tinggi.

Intensitas hujan yang tinggi baru-baru ini mengakibatkan Danau Tempe, Kota Sengkang meluap, sehingga Sungai Walanae mengalirkan airnya melebihi kapasitasnya. Imbasnya memutus jalan provinsi poros Sengkang dan Bone.

Banjir tersebut menyebabkan jalan tidak bisa dilalui kendaraan roda empat ke atas. Kendaraan harus memutar lewat jalur Soppeng atau ke Wajo dengan menghabiskan waktu sekitar 2 jam.

Sementara untuk kendaraan roda dua bisa melalui jembatan alternatif yang dibuat warga dan dikenakan tarif Rp15.000 per motor. Dalam sehari bisa mencapai 150 unit motor yang lewat.

Salim salah satu pengguna jembatan alternatif mengatakan agak terbebani dengan tarif yang dipatok oleh masyarakat tersebut.

“Harga tersebut terlalu mahal untuk kami yang merupakan warga sekitar sini. Padahal banjir ini setiap tahun terjadi, tapi tidak ada perhatian pemerintah terkait,” tutur Salim kepada Edelweisnews.com.

Penulis : Adi Summit

Editor. : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Membincang Buku “Matahari di Atas Rante Mario” Karya Andi Makmur Makka

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Mendekatkan sejarah kepada generasi muda melalui karya sastra, merupakan cara kreatif. Walaupun pembaca sastra genre ini dituntut mesti memahami lanskap peristiwanya. Karena sastra jenis ini tak sepenuhnya imajinatif, tapi juga dilengkapi serpihan informasi, serta cerita-cerita yang didasarkan data dan fakta sejarah. Andi Makmur Makka, penulis novel “Rumpa’na Bone” menyadari akan hal itu. […]

Read more
Makassar Olahraga SULSEL

Aster Kasdam XIV/Hsn Menghadiri Event Gajah Mada Run 2024

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Asisten Teritorial (Aster) Kasdam XIV/Hasanuddin Kolonel Kav Eko Saptono, S.E, M.M, menghadiri event “Gajah Mada Run 2024”, dalam rangka peringatan HUT ke-79 TNI Tahun 2024. Acara ini diselenggarakan atas gagasan dari Danpomdam XIV/Hasanuddin Kolonel Cpm Imran Ilyas, S.H., M.H., bertemakan “Langkah Bersama untuk Indonesia Sehat dan Kuat”. Adapun jarak tempuh lari sejauh […]

Read more
Makassar Olahraga SULSEL

Pangdam XIV/Hsn Turut Meriahkan Korpri Run 2024

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) PD XIV/Hasanuddin Mia Bobby Rinal Makmun, turut memeriahkan event Korpri Run 2024. Ajang lari yang digelar oleh Dewan Pengurus (DP) Korpri Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama Dewan Pengurus Korpri Nasional ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Jadi […]

Read more