Jembatan Andalan Pacongkang Gunakan Teknologi Baru Pasang Peredam Gempa

0
109

SOPPENG, EDELWEISNEWS.COM – Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman meresmikan Jembatan Pelengkung rangka baja terpanjang di Sulsel. Jembatan Andalan Pacongkang di Kabupaten Soppeng diresmikan, Rabu (23 Agustus 2023). 

Pembangunan dilakukan dalam tiga tahap. Struktur jembatan dengan rangka baja pelengkung, dengan panjang bentangan pada bagian tengah 128 meter, bentang kiri kanan masing-masing 25 meter atau total bentang sepanjang 180 meter, dan lebar 7 meter, beserta dukungan trotoar kiri dan kanan masing-masing 1 meter.

Jembatan ini dilengkapi alat untuk meredam gempa dengan teknologi lead rubber bearing.

 “Teknologi anti gempa, ada peredam anti gempa. Harapan kita tentu adalah hanya semacam upaya kita, ikhtiar kita dalam bentuk proteksi preventif,” sebut Andi Sudirman Sulaiman.
 
Lead Rubber Bearing (LRB) adalah salah satu jenis sistem pelindung gempa yang digunakan pada infrastruktur bangunan, jembatan, dan lainnya. LRB memungkinkan bangunan tetap berdiri meskipun terjadi gempa dengan kekuatan besar.

Sementara itu, Bupati Soppeng, Kaswadi Razak menyampaikan, atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Soppeng terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Gubernur Sulsel atas perhatian kepada Soppeng.

“Pemerintah Daerah dan masyarakat Soppeng selama kurun waktu 1 periode ini kami merasa keberadaan Bapak Gubernur. Atas perhatiannya kami sangat berterima kasih,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini