Kapolda Sulsel Utus Tim Biro SDM Cari Calon Polisi di Pelosok Terpencil Kabupaten Bone

0
42

BONE, EDELWEISNEWS.COM – Menindaklanjuti perintah Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel) Irjen Andi Rian R Djajadi saat melakukan kunjungan kerja di Polres Bone pekan lalu, Biro SDM Polda Sulsel melakukan kunjungan lagi ke Desa Tapong, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Bone, Sabtu (13/1/2024).

Kunjungan Biro SDM Polda Sulsel dipimpin Kabagdalpers AKBP Aris Bahtiar bersama stafnya usai menerima perintah dari Kapolda Sulsel melalui Karo SDM Polda Sulsel Kombes Pol Aris Haryanto.

Kabagdalpers bersama tim mencari warga dari pedalaman, khususnya dari Desa Tapong, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Bone untuk dipersiapkan menjadi polisi. Rencana ini atas keprihatinan Kapolda Sulsel terkait kurangnya minat warga di pedalaman untuk melanjutkan pendidikan.

“Saya bersama tim di tugaskan Bapak Kapolda melalui Bapak Karo SDM untuk mencari putra putri daerah dari Tapong atau Kecamatan Tellulimpoe untuk bibit-bibit anggota Polri,” ujar AKBP Aris Bachtiar, Minggu (15/1/2024).

Kapolda saat melaksanakan kunjungan kerja di Polres Bone menilai angka putus sekolah di wilayah pedalaman Bone masih tinggi, karena keterbatasan akses. Beliau berharap rekomendasinya itu bisa meningkatkan minat warga untuk menjadi Polisi.

“Saya ke lokasi ini atas perintah langsung Bapak Kapolda Sulsel karena keprihatinan dengan kondisi di Desa Tapong, anak-anak sampai jalan kaki ke sekolah. Dan anak-anak di sana jarang ada yang mau melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi. Makanya saat ini kita sosialisasi dan cari bibit-bibit untuk dijadikan anggota Polri,” ungkapnya.

AKBP Aris Bahtiar mengatakan, tim dari Polda Sulsel telah melakukan survei bekerjasama dengan kepala desa. Warga yang dipersiapkan menjadi polisi lanjut dia, umumnya merupakan lulusan SMA sederajat, baik itu dari Desa Tapong atau pun orang yang berasal dari Kecamatan Tellulimpoe.

“Kriterianya sudah duduk di bangku SMA, tinggi mencukupi, sehat, tidak pengkor. Insyaallah kami akan bantu masuk menjadi anggota Polri,” katanya.

Kabagdalpers menambahkan, pihaknya ingin melihat animo masyarakat di Desa Tapong atau Kecamatan Tellu Limpoe untuk mau menjadi polisi.

“Kami kumpulkam warga masyarakat di balai desa dan mensosialisasikan kriteria masuk polisi. Saya akan ke sana. Sepanjang syarat formil terpenuhi kami akan urus dan laporkan ke Bapak Kapolda. Kita berharap jika orang Tellu Limpoe ada yang jadi polisi,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Kapolda Sulsel Irjen Pll Andi Rian juga sudah membangun kelas jauh untuk siswa SD Inpres 5/81 Tapong, Kecamatan Tellu Limpoe, Bone. Pembangunan ini karena rasa prihatin Irjen Pol Andi Rian atas kondisi sejumlah siswa di pedalaman yang harus berjalan kaki sejauh 7 kilometer hingga melewati hutan untuk sampai ke sekolah.

“Bapak Kapolda Sulsel yang baru yang inisiasi itu kelas jauh. Beliau bangun itu sekolah karena melihat berita dari detik.com dan prihatin dengan anak sekolah yang jalan kaki dan harus bawa parang, dimomen ini juga kami memberikan bantuan alat tulis dan alat sekolah kepada pihak sekolah,” tambah Kabagdalpers. (Ril)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini