Kelurahan Sawerigading Diplot Sebagai Kelurahan Layak Anak

MAKASSAR,EDELWEISNEWS.COM – Kelurahan Sawerigading diplot sebagai Kelurahan layak Anak (KLA). Hal ini sudah lewat pertimbangan yang matang dari Pemerintah Kota Makassar.

Untuk mendukung hal tersebut, dilaksanakan kegiatan Fasilitasi Kelurahan Layak Anak (KLA) oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Makassar, Rabu (3/7/2019) di Kelurahan Sawerigading.

Acara dibuka oleh Sekretaris Lurah di ruang pertemuan Kelurahan Sawerigading.

Dalam sambutannya, Seklur menyampaikan, jika Kelurahan Sawerigading hanya dihuni 20% penduduk pribumi, sisanya adalah warga keturunan Cina. “Kita dapat membayangkan bagaimana kehidupan anak – anak mereka, tapi itu bukan alasan untuk mewujudkan cita luhur Makassar Layak Anak,” ujar Seklur.

Hj, Faridah selaku Kasi Peran serta Masyarakat dalam Pemenuhan Hak Anak mengungkapkan, Kelurahan Sawerigading dipilih sebagai KLA karena pihaknya ingin tidak ada lagi anak- anak yang bekerja di lampu merah.

“Walaupun disini sebagian besar warga keturunan, kami tetap akan mengikutkan semua komponen untuk menjadikan kelurahan ini sebagai kelurahan layak anak,” ungkapnya.

Abdul Haris Agam sebagai fasilitator mengemukakan, untuk menjadikan sebuah wilayah layak anak, harus memenuhi 6 klaster, yang meliputi harus ada unsur kelembagaan, agar tertata dengan baik.

Selain kelembagaan juga meliputi pemenuhan hak sipil dan kebebasan, hak kesehatan dan kesejahteraan dasar lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, hak pendidikan dan pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, serta hak perlindungan khusus.

“Semua indikator itu harus terpenuhi, baru bisa dikatakan sebagai wilayah layak anak. Harapan kami Makassar akan menjadi wilayah yang ramah dan layak anak,” pungkas Naris Agam.

Penulis : M. Hasim

Editor : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Danny Pomanto Persiapkan Kenaikan Dana Hibah PMI dan Gelar Lorong Donor

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto mengatakan akan mempersiapkan kenaikan Dana Hibah untuk PMI Kota Makassar. “Yang jelas Dana Hibah untuk PMI Kota Makassar harus naik. Apalagi pernah mencapai Rp4 miliar,” kata Danny Pomanto, sapaan akrab Ramdhan Pomanto saat diwawancarai usai meresmikan Musyawarah Kota (Muskot) PMI Makassar di Jl Andi Djemma, Kamis […]

Read more
Makassar SULSEL

Danny Pomanto Hadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah 209 Bintara Polri

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menghadiri dan meramaikan Upacara Penutupan, Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gelombang I 2024 SPN Polda Sulsel. Upacara berlangsung di Lapangan Upacara SPN Polda Sulsel, Jl Urip Sumoharjo, Kamis (11 Juli 2024). Danny Pomanto hadir di SPN Polda Sulsel sekira pukul 07.55 Wita dan […]

Read more
Makassar SULSEL

Ketua TP PKK Kota Makassar Dorong Penguatan Peran Remaja dalam Pengelolaan Masjid di Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Makassar mengambil langkah konkret dalam pemberdayaan masjid melalui pelatihan intensif untuk remaja masjid. Bertempat di Makassar Golden Hotel, kegiatan ini diikuti oleh 200 peserta setiap harinya, dengan tujuan memperkuat peran remaja dalam memakmurkan dan mengelola masjid di wilayah mereka masing-masing. Ketua TP PKK Kota Makassar […]

Read more