Raih Provinsi Sehat, Menkes Terawan Serahkan Penghargaan Swasti Saba kepada Gubernur Sulsel

Must read

JAKARTA, EDELWEISNEWS.COM – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bersama Menteri Kesehatan Terawan memberikan penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat 2019 bagi Provinsi Sulawesi Selatan di Sasana Bhakti Praja, Gedung C Kemendagri, Selasa, 19 November 2019.

Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. HM Nurdin Abdullah, hadir menerima penghargaan sekaligus menerima anugerah sebagai Pembina Tim Provinsi Sehat Terbaik Pertama 2019 yang diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Terawan.

Penghargaan tersebut merupakan kolaborasi dan sinergi antara Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri, untuk memberikan apresiasi terhadap pemerintah daerah yang berkomitmen dan berhasil menjadikan Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2019.

Pada kesempatan ini, Nurdin Abdullah juga menjadi pembicara dalam Talk Show Penganugerahan Kabupaten / Kota Sehat bersama beberapa kepala daerah penerima penghargaan.

Usai menerima penghargaan, Nurdin Abdullah menjelaskan beberapa hal yang telah berhasil ia laksanakan, berupa penyediaan fasilitas dan edukasi kesehatan di kabupaten/kota di Sulsel.

Salah satu program prioritas gubernur peraih Bung Hatta Award ini adalah, membangun rumah sakit regional di enam daerah di Sulawesi Selatan. Langkah ini adalah bentuk pemerataan pelayanan di bidang kesehatan bagi seluruh masyarakat Sulawesi Selatan. Khusus bagi masyarakat yang bermukim di wilayah kepulauan, Gubernur Nurdin menyediakan fasilitas ambulan laut yang dilengkapi berbagai fasilitas memadai untuk menangani pasien.

“Sehingga pasien yang membutuhkan pertolongan tidak harus menempuh perjalanan jauh ke Makassar,” sebutnya.

“Kita punya ambulans mobile (di Bantaeng), ini turut berperan menurunkan angka kematian jadi nol. Ambulans ini juga dilengkapi peralatan di dalamnya, seperti alat pacu jantung,” lanjut Nurdin Abdullah.

Namun, Nurdin mengatakan, kelemahan mobil ambulans di Indonesia pada umumnya adalah tidak tersedianya fasilitas yang dapat memberikan pertolongan pertama pada pasien.

Persoalan lain yang menjadi perhatian Nurdin Abdullah adalah masalah stunting. Program yang dilakukan adalah 1.000 hari pertama kelahiran. Untuk itu anggaran kesehatan di bidang ini ditambah.

“Kita care 1.000 hari pertama kelahiran, kita sudah tangani, di kandung, lahir, pemerintah hadir, terutama bagi masyarakat miskin atau berpendapatan rendah,” paparnya.

Selain Nurdin Abdullah, sebanyak 177 kabupaten/kota, 6 (enam) gubernur dan 3 (tiga) influencer menerima penghargaan ini. Kategori penghargaan baru pada Tahun 2019 yang diberikan kepada influencer atau orang-orang yang berdedikasi dalam penyelenggaraan Kabupaten/ Kota Sehat di tingkat Provinsi, salah satunya kepada Muslimin (Forum KKS Provinsi Sulsel).

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mengatakan, salah satu fokus pembangunan lima tahun ke depan Indonesia adalah pembangunan SDM.

“Masalah kesehatan yang dihadapi adalah stunting, angkanya cukup besar. Dengan mengatasi stunting maka akan menghadirkan generasi sehat, kalau badan tidak sehat, stunting, otomatis tidak dapat bersaing dengan yang badannya bagus dan sehat, baru pendikan formal, informal dan vokasional,” sebut Menteri Tito.

Sedangkan Menteri Kesahatan Terawan menyampaikan, kondisi kesehatan yang baik adalah sehat baik secara, fisik, mental, spritual maupun sosial.

“Ini untuk memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Oleh karena itu setiap orang berhak atas kesehatan dan lingkungan yang sehat,” ujarnya.(hum)

Editor : Jesi Heny

- Advertisement -

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest article