Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo Berziarah ke Makam Raja Gowa dan Tallo

0
32

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo berziarah ke makam Raja Gowa-Tallo yang berada dalam kompleks pemakaman di Kelurahan Katangka, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Kamis (25/1/2024).

“Hari ini kami melakukan ziarah ke makam para orang-orang hebat, yang menjadi simbol kepemimpinan orang Makassar, Kerajaan Gowa-Tallo,” kata Rudianto Lallo.

Adapun makam yang dikunjungi oleh Caleg DPR RI Dapil Sulsel I itu adalah makam I Mannungtungi Daeng Mattola Karaeng Ujung Sultan Malikussaid, Tumenanga ri Papanbatuna yang merupakan Raja Gowa ke-15.

Selanjutnya, Rudianto Lallo berziarah ke makam Raja Gowa ke-16, yakni I Mallombasi Daeng Mattawang Muhammad Baqir karaeng Bontomangape Sultan Hasanuddin, Tumenanga ri Balla Pangkana.

Rudianto Lallo juga melakukan ziarah ke makam I Mangngarangi Daeng Manrabbia, Karaeng Lakiung Sultan Alauddin, Tumenangna ri Gaukanna yang merupakan Raja Gowa ke-14.

Serta makam dari I Mallingkai Daeng Manyonri Karaeng Katangka bergelar Sultan Abdullah Awallul Islam, Tumenanga ri Kalabbiranna. Dia adalah Raja Gowa ke-33 dan sekaligus Raja Tallo ke-6.

Selain itu, Rudianto Lallo juga melakukan ziarah ke makam Pangeran Diponegoro yang terletak di Kompleks Kampung Jawa, tepatnya di Kelurahan Melayu, Kecamatan Wajo, Kota Makassar.

“Mereka adalah orang-orang hebat yang sejarah mencatat perjuangan untuk agama dan bangsanya. Sejarah mencatat tentang jiwa besar, keilmuan serta jiwa kepemimpinan. Cerita yang tak lekang oleh waktu,” ujar Rudianto Lallo.

Ziarah makam yang dilakukan oleh Rudianto Lallo ini juga didampingi oleh Karaeng Gajang yang merupakan sesepuh adat di Sulawesi Selatan. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini