Kodam Hasanuddin Gelar Rakor Penanganan Karhutla Sulsel

MAKASSAR,EDELWEISNEWS.COM – Panglima Kodam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi, S.I.P, M.Si pimpin Rapat Koordinasi Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di Ruang Rapat Itdam Makodam XIV/Hsn Jl. Urip Sumoharjo KM. 7 Makassar, Senin, (5/8).

Rapat koordinasi diikuti oleh pejabat dari instansi BPBD, BMKG, Dinas Kehutanan, Dinas Sosial, Perhubungan dan instansi terkait. Kegiatan penanganan Karhutla sebagai langkah awal untuk menyamakan visi dan pemikiran serta menyiapkan SOP penanggulangan bencana Karhutla di Wilayah Sulawesi Selatan.

Pangdam dalam arahannya menyampaikan, bahwa salah satu tugas TNI adalah melaksanakan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dalan bentuk keterlibatan dalam upaya penanggulangan bencana.

“Hari ini kita berkumpul untuk mendiskusikan terkait banyaknya kejadian kebakaran lahan dan hutan. Kita akan bicarakan tentang bagaimana prosedur penanganan sehingga kita akan mengetahui apa dan bagaimana kita berbuat,” ungkapnya.

Menurut Pangdam, hasil dari Rakor ini akan disampaikan pada rapat khusus dengan Presiden Jokowi dan Menko KLH dalam menangani persoalan Karhutla yang asapnya sudah sampai ke luar negeri.

“Saya berharap ini menjadi awal keterpaduan kita dalam mencegah dan meminimalisir dampak bencana apabila kejadian serupa terjadi di wilayah kita,” sebut Pangdam.

Pangdam juga meminta para peserta Rakor untuk mempedomani dan mengikuti prinsip-prinsip penanggulangan bencana yang telah ditentukan.

“Dalam penanganan Karhutla prinsip koordinasi, penanganan yang cepat, tepat, efektif, efisien, terpadu dan satu komando serta akuntabel harus kita pegang teguh”, jelasnya.

Ditambahkan Pangdam, perlu upaya pencegahan guna meminimalisir kerugian, baik personel dan materil dengan membuat peta rawan, sekat kebakaran, sistem deteksi, membentuk lembaga khusus yang kelola kebakaran, mendirikan posko di desa dekat sasaran daerah rawan dan menyiapkan Alpal serta memberikan pelatihan dan membangun partisipasi masyarakat.

“Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat perlu adanya sosialisasi, agar masyarakat secara aktif dan turut bertanggung jawab dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan,” ucap Pangdam.

Pada kesempatan tersebut, Waaster Kasdam Letkol Kav Agus Waluyo memaparkan tentang mekanisme pengendalian dan penanganan Karhutla di Sulsel, serta menghimbau kepada seluruh pejabat dan stakeholder terkait yang hadir agar mendukung pelaksanaan apel gelar pasukan dan Sarpras yang direncanakan akan dilaksanakan pekan depan.

“Setiap stakeholder dapat mengerahkan kekuatan personel dan Sarpras Karhutla yang dimiliki, sehingga diketahui secara pasti kekuatan yang ada di Provinsi Sulsel dan diharapkan dapat memberikan kontribusi nantinya.”

Di tempat yang sama, Kepala BPBD Sulsel Syamsibar menuturkan kesiapan BPBD Sulsel dalam mendukung penyelenggaraan Karhutla di Sulsel.

“Saat ini kami memiliki tim kecil yang akan menyusun penyempurnaan buku saku Karhutla dan kami lagi buat surat ke Bupati terkait kesiapan mengantisipasi kondisi cuaca ekstrem,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Staf Brigjen TNI Budi Sulistijono, Danrem 141/Tp Kolonel Inf Suwarno, Para Asisten, Para Kepala Badan Pelaksana Kodam, Kepala BBWS Pompengan Jeneberang dan Kepala Balai PPI Kementerian Lingkungan Hidup.

Penulis : Adi Summit

Editor. : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Membincang Buku “Matahari di Atas Rante Mario” Karya Andi Makmur Makka

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Mendekatkan sejarah kepada generasi muda melalui karya sastra, merupakan cara kreatif. Walaupun pembaca sastra genre ini dituntut mesti memahami lanskap peristiwanya. Karena sastra jenis ini tak sepenuhnya imajinatif, tapi juga dilengkapi serpihan informasi, serta cerita-cerita yang didasarkan data dan fakta sejarah. Andi Makmur Makka, penulis novel “Rumpa’na Bone” menyadari akan hal itu. […]

Read more
Makassar

Hendriati Sabir Akan Purna Tugas di SD Negeri Borong Makassar Setelah 41 Mengabdi

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Bertepatan dengan momen peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96, pada 28 Oktober 2024 ini, Dra Hj Hendriati Sabir, M.Pd, Kepala UPT SPF SD Negeri Borong, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, akan memasuki purna tugas. Hendriati Sabir lahir 60 tahun lalu di Pangkajene, Kabupaten Sidrap, tepatnya pada 28 Oktober 1964. Alumni Sekolah Pendidikan Guru Negeri […]

Read more
Makassar Olahraga SULSEL

Aster Kasdam XIV/Hsn Menghadiri Event Gajah Mada Run 2024

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Asisten Teritorial (Aster) Kasdam XIV/Hasanuddin Kolonel Kav Eko Saptono, S.E, M.M, menghadiri event “Gajah Mada Run 2024”, dalam rangka peringatan HUT ke-79 TNI Tahun 2024. Acara ini diselenggarakan atas gagasan dari Danpomdam XIV/Hasanuddin Kolonel Cpm Imran Ilyas, S.H., M.H., bertemakan “Langkah Bersama untuk Indonesia Sehat dan Kuat”. Adapun jarak tempuh lari sejauh […]

Read more