Kubu Pro Kontra NA Bertemu, Sosiolog Unibos : Hak Angket Ini Sudah Inkonstitusional

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Polemik hak angket DPRD Sulawesi Selatan yang merekomendasikan pemaksulan terhadap Gubernur Sulawesi Selatan, kini tidak hanya dibahas di ruang sidang DPRD, tapi juga mempertemukan dua kekuatan massa antara yang pro dan kontra.

Dua kekuatan massa itu pada Jumat siang (23/8/2019) saling berhadapan melakukan orasi. Mereka hanya dibatasi oleh petugas, agar kedua belah pihak tidak saling berbenturan.

Dalam orasi, saling klaim tentang kebenaran yang diyakini kedua belah pihak mengemuka. Koalisi masyarakat anti bohong’na, dalam rilisnya meminta kepada Pimpinan DPRD tidak terpengaruh oleh iming – iming yang ada, dan tetap mensahkan hasil dari pansus hak angket.

Lain lagi yang dinyatakan oleh Aliansi Pendukung NA. Mereka menganggap bahwa keberadaan pansus hak angket masih terkait dengan pesta demokrasi dan pemilihan Gubernur yang lalu.

“Apa yang dituduhkan sebenarnya adalah hal yang keliru, sebab NA sudah melakukan tugasnya sesuai prosedur yang ada,” ungkap pengorasi dengan penuh semangat.

Andi Burhanuddin Sosiolog Unibos mengatakan, pada dasarnya hak angket sudah melenceng dari proposal yang ada. Awalnya hanya ingin memeriksa apa betul ada dualisme kepemimpinan Gubernur Sulsel, dari terbitnya 193 SK, yang di tandatangani oleh wakil gubernur, katanya.

“Namun, dalam perjalanannya proposal awal tergeser ke persoalan lain, yang tidak punya kaitan dengan dualisme kepemimpinan, justru yang muncul adalah pemaksulan,” katanya.

“Hak angket Sulsel berbeda dengan daerah lain, NA tidak terbukti melakukan penyalahgunaan anggaran seperti korupsi. Jadi menurut saya, hak angket ini sudah inkonstitusional,” tegasnya.

Penulis : M. Hasim

Editor. : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar

Pamen Ahli Bid. Idpol Poksahli Wakili Pangdam Dan Ketua Persit KCK PD XIV/Hsn Hadiri Pembukaan Rakerda III DPD IWAPI Prov. Sulsel

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Perwira Menengah (Pamen) Ahli Bidang Ideologi dan Politik (Idpol) Poksahli Kolonel Inf Erwin Ferdinand Barends mewakili Pangdam XIV/Hasanuddin bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) PD XIV/Hasanuddin Ny. Mia Bobby Rinal Makmun. Menghadiri Acara Pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) III Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Prov. Sulsel, bertempat […]

Read more
Makassar

Kasdam XIV/Hsn Mewakili Pangdam, Hadiri Kunker Menteri PANRB di Sulsel

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kepala Staf Kodam (Kasdam) XIV/Hasanuddin Brigjen TNI M. Syech Ismed, S.E., M.Han., mewakili Pangdam menghadiri Kunjungan Kerja (Kunker) Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, S.Pd., S.S., M.Si., bertempat di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulawesi Selatan. Jumat, (19/07/2024). Menteri PANRB pada kesempatan ini menyapa dan mengajar aparatur […]

Read more
Gowa Makassar SULSEL

Menpan RB, Danny Pomanto dan Adnan Dinner Bareng di Rujab Bupati Gowa

GOWA, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menghadiri undangan makan malam Bupati Gowa Adnan Purichta bersama Menpan-RB Abdullah Azwar Anas di Rujab Bupati Gowa, Jumat (19 Juli 2024). Danny Pomanto, sapaan akrab Ramdhan Pomanto hadir sekira pukul 20.00 Wita dengan mengenakan batik motif merah. Disana wali kota dua periode ini pun langsung disambut […]

Read more