Lies F Nurdin Minta Paskibraka Sulsel Agar Bijak Menggunakan Plastik

MAKASSAR,EDELWEISNEWS.COM – Ketua TP PKK Sulsel, Liestiaty Fachrudin Nurdin berkesempatan untuk menjadi narasumber pada Pemusatan Paskibraka Tingkat Provinsi Sulsel, yang berlangsung di Aula Gedung PKK Sulsel, Rabu (14/8).

Di sela-sela kesibukannya, Lies menyempatkan waktu untuk hadir dan memberikan informasi bermanfaat tentang bahaya plastik terhadap kesehatan dan lingkungan.

Seperti yang sudah diketahui, saat ini Indonesia menjadi negara terbesar kedua yang paling banyak menyumbangkan sampah plastik di dunia. Untuk itu, Lies yang sudah 32 tahun berprofesi sebagai Dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Hasanuddin, merasa sangat perlu untuk memberikan edukasi tentang antisipasi penggunaan plastik.

“Walaupun dalam kondisi capek, saya bertekad untuk tetap datang. Karena saya merasa anak-anakku sekalian merupakan wakil-wakil dari seluruh kabupaten/kota se-Sulsel. Dengan begitu, ini sangat efektif untuk disampaikan lagi ke teman-temannya lagi di kabupaten,” terang Lies.

Pada kesempatan ini, ibu dari tiga anak ini juga membagi berbagai pengetahuannya terkait pencemaran lingkungan yang merupakan bidang keahliannya saat mengambil gelar master di Faculty of Fisheries Kyushu University Japan.

“Sudah ada penelitian di Amerika bahwa sekitar 900 botol plastik yang diteliti mengandung mikroplastik di dalamnya. Bahan pembuat plastik tersebut juga bersifat karsinogenik yang bisa menyebabkan kanker,” jelas Lies.

Untuk mengurangi dampak tersebut, Lies mengingatkan para Paskibraka untuk mulai mengurangi penggunaan plastik mulai dari diri sendiri.

“Alhamdulillah saya lihat adik-adik askibraka kalau latihan sudah membawa tumblernya masing-masing. Berarti satu orang sudah bisa mengurangi penggunaan kira-kira lima botol plastik dalam sehari. Bilang juga ke mama dan adik di rumah nanti untuk jangan menggunakan air minum dalam botol kemasan sekali pakai,” imbaunya.

Sebelumnya, Lies sudah menginstruksikan panitia PKK yang terlibat dalam kegiatan pemusatan Paskibraka tingkat Provinsi Sulsel untuk menyediakan tumbler bagi para Paskibraka.

“Makanya saya minta pertama sekali itu ke panitia di PKK untuk buatkan tumbler, karena saya tidak mau anak-anakku pakai botol sekali pakai,” ungkapnya.

Lebih lanjut, menanggapi kondisi darurat sampah plastik seperti saat ini, Lies mengajak para Paskibraka untuk bijak menggunakan plastik.

“Jangan lagi pakai plastik. Jangan lagi pakai kemasan satu kali pakai. Mari sama-sama kita bijak hidup untuk lingkungan kita supaya lebih baik ke depannya,” imbuhnya. (hum)

Editor : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Kesra Kota Makassar Gelar Pelatihan Manajemen untuk 1.500 Pengurus Masjid

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM.- Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Makassar menggelar Manajemen Pengelolaan Masjid kepada 1.500 pengurus masjid di Kota Makassar. Hal ini dalam upaya meningkatkan peran masjid sebagai pusat peradaban ummat Muslim. Acara berlangsung mulai tanggal 18 hingga 25 Juli 2024 di Makassar Golden Hotel, dengan setiap peserta mewakili satu masjid di Kota Makassar. […]

Read more
Makassar SULSEL

BPBD Kota Makassar Dorong Livable dan Resilient City Melalui Peningkatan Kapasitas

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar telah mengambil serangkaian langkah strategis untuk memperkuat kapasitas Kota Makassar dalam menghadapi tantangan bencana. Hal ini sejalan dengan salah satu Program Strategis Wali Kota Moh. Ramdhan Pomanto untuk menjadikan Makassar sebagai Livable City dan Resilient City yang tangguh. Kepala Pelaksana BPBD, Achmad Hendra Hakamuddin menyatakan, […]

Read more
Makassar SULSEL

Pangdam XIV/Hsn Terima Paparan RGB Latihan Pratugas Operasi Satgas Pamtas Darat RI-Malaysia Yonzipur 8/SMG

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P., menerima paparan Rencana Garis Besar (RGB) Latihan Pratugas Operasi Satgas pengamanan perbatasan (Pamtas) Darat Republik Indonesia-Malaysia Yonzipur 8/Sakti Mandra Guna TA. 2024, dari Danrindam XIV/Hasanuddin Kolonel Inf Budiawan Basuki. Pemaparan tersebut guna memberikan gambaran tentang rencana pelaksanaan latihan pratugas Pamtas Darat RI-Malaysia, bertempat di […]

Read more