Wakili Sulsel, Perpus Nirwana Raih Juara Harapan I

LUWU TIMUR, EDELWEISNEWS.COM – Perpustakaan Nirwana, Desa Bangun Jaya, Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur yang mewakili Provinsi Sulawesi Selatan pada Lomba Perpustakaan Terbaik Desa/Kelurahan Tingkat Nasional Tahun 2020 sukses meraih juara harapan I dengan nilai total 590.

Pengumuman pemenang lomba Perpustakaan Terbaik Desa/Kelurahan Tingkat Nasional Tahun 2020 dilaksanakan secara virtual pada Selasa, (20/10/2020) pukul 09.00 WIB, oleh Ketua Tim Juri Lomba Perpustakaan Desa, Samsul Bahri..

Hadir pada pengumuman pemenang lomba antara lain, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu Timur, Satri, Camat Tomoni, Umar Hasan Dalle, Kepala Desa Bangun Jaya, Sunarsono, PKK, BPD Bangun Jaya dan pengelola Perpustakaan Nirwana, di Aula Kantor desa Bangun Jaya, Kec. Tomoni.

Pada lomba tingkat Nasional tahun 2020 ini, Perpustakaan Nirwana Desa Bangun Jaya Kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu Timur, berada di cluster A bersaing dengan Perpustakaan “Balai Pintar”, Desa Pengkol, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta, Perpustakaan “Arsita”, Desa Air Belo, Kabupaten Bangka Barat, Belitung Tengah, Perpustakaan “Delima”, Desa Mutih Wetan, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Perpustakaan “Jendela Dunia”, Desa Pesayangan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, dan Perpustakaan “Harapan Bangsa”, Desa Pegat Bukur, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Untuk kluster A, berhasil meraih juara I adalah Perpustakaan “Harapan Bangsa”, Desa Pegat Bukur, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Juara II Perpustakaan “Delima”, Desa Mutih Wetan, Kabupaten Demak, Jawa Tengah dan juara III adalah Perpustakaan “Balai Pintar”, Desa Pengkol, Kabupaten Gunungkidul, D.I Yogyakarta.

Sementara di Klaster B Juara I adalah perpustakaan “Gembira” dari Bombana, Sulawesi Tenggara dan Klaster C Juara I diraih oleh perpustakaan “Ulul Albab” Desa Mentibar, Sambas, Kalimantan Barat.

Terkait keberhasilan perpustakaan Nirwana sebagai juara harapan I Nasional, Pjs. Bupati Luwu Timur, Jayadi Nas menyampaikan selamat atas capaian ini. Dia berharap kedepannya akan lebih baik lagi, apa yang jadi kekurangan pada lomba tahun ini bisa diperbaiki dan dijadikan pengalaman untuk lomba di tahun berikutnya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu Timur, usai mengikuti pengumuman pemenang lomba mengatakan, prestasi juara harapan I kali ini sudah cukup bagus dibanding tahun sebelumnya yang hanya juara harapan III, ini berarti ada kemajuan.

“Kami bersama Pemerintah Desa Bangun Jaya dan pengelola perpustakaan sudah berusaha cukup maksimal dengan semua potensi yang kita miliki dalam mengikuti lomba ini, apalagi tingkat Nasional berada di kluster A persaingannya cukup ketat karena rata-rata perpustakaan desa yang telah dikelola secara profesional dan memiliki sumber daya yang cukup,“  kata Satri. (hms)

Editor : Echa