Masjid Cheng Hoo Tanjung Bunga Miliki 30 Hafids Qur’an

MAKASSAR,EDELWEISNEWS.COM – Di tepi danau nan indah, suara adzan terdengar mendayu-dayu memanggil kaum muslimin untuk menunaikan shalat Ashar. Lantunan adzan tersebuta berasal dari sebuah masjid berarsitektur Tionghoa yang terletak di Tanjung Bunga.

Ada delapan masjid yang bernuansa Tionghoa di negara ini. Hal tersebut menandakan bahwa setiap etnis punya sumbangsih dalam melakukan syiar di Bumi Pertiwi ini.

Di Makassar, ada dua masjid yang bangunannya bernuansa Tionghoa, satu terletak di Kabupaten Gowa, dan satunya lagi ada di Makassar. Kedua masjid tersebut diberi nama Masjid Mohammad Cheng Hoo.

Hafids Qur’an di Masjid Cheng Hoo Tanjung Bunga (foto : M.Hasim)

Pembangunan Masjid Cheng Hoo yang berlokasi di Tanjung Bunga terilhami seorang Kasim dari Dinasti Ming yang beragama Islam. Menurut sejarah, tahun 1405, Panglima Cheng Hoo telah mengunjugi beberapa kerajaan di Nusantara, selain untuk berdagang juga menyebarkan Islam.

Ust.Badaruddin selaku Sekretaris Takmir Masjid Cheng Hoo menuturkan, tanah tempat dibangunnya masjid dengan arsitektur Tionghoa tersebut adalah tanah yang diwakafkan Ramlah Kalla Aksa.

“Beliau yang menginisiatif pembangunan masjid tersebut, lalu mewakafkan tanahnya kurang lebih 1 hektar. Ibu Ramlah Kalla Aksa pula yang membiayai pembangunan Masjid Cheng Hoo di Tanjung Bunga ini,” ungkap Ustadz Badaruddin kepada Edelweisnews.com.

Masjid Cheng Hoo memiliki dua lantai. Lantai satu diperuntukkan untuk kegiatan sosial dan acara pengantin, sementara lantai dua digunakan untuk ibadah sholat,.

Disamping masjid ada beberapa ruangan untuk para hafids quran dengan jumlah santri sebanyak 30 orang.

Untuk kegiatan selama bulan Ramadhan, imbuh Ustadz Badaruddin, sama dengan masjid yang lain. Yaitu menyelenggarakan tarwih dan buka puasa yang diperuntukkan bagi masyarakat sekitar dan masyarakat yang sedang dalam perjalanan.

Penulis : M. Hasim

Editor. : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Danny Pomanto Persiapkan Kenaikan Dana Hibah PMI dan Gelar Lorong Donor

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto mengatakan akan mempersiapkan kenaikan Dana Hibah untuk PMI Kota Makassar. “Yang jelas Dana Hibah untuk PMI Kota Makassar harus naik. Apalagi pernah mencapai Rp4 miliar,” kata Danny Pomanto, sapaan akrab Ramdhan Pomanto saat diwawancarai usai meresmikan Musyawarah Kota (Muskot) PMI Makassar di Jl Andi Djemma, Kamis […]

Read more
Makassar SULSEL

Danny Pomanto Hadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah 209 Bintara Polri

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menghadiri dan meramaikan Upacara Penutupan, Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gelombang I 2024 SPN Polda Sulsel. Upacara berlangsung di Lapangan Upacara SPN Polda Sulsel, Jl Urip Sumoharjo, Kamis (11 Juli 2024). Danny Pomanto hadir di SPN Polda Sulsel sekira pukul 07.55 Wita dan […]

Read more
Makassar SULSEL

Ketua TP PKK Kota Makassar Dorong Penguatan Peran Remaja dalam Pengelolaan Masjid di Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Makassar mengambil langkah konkret dalam pemberdayaan masjid melalui pelatihan intensif untuk remaja masjid. Bertempat di Makassar Golden Hotel, kegiatan ini diikuti oleh 200 peserta setiap harinya, dengan tujuan memperkuat peran remaja dalam memakmurkan dan mengelola masjid di wilayah mereka masing-masing. Ketua TP PKK Kota Makassar […]

Read more