Masjid Cheng Hoo Tanjung Bunga Miliki 30 Hafids Qur’an

MAKASSAR,EDELWEISNEWS.COM – Di tepi danau nan indah, suara adzan terdengar mendayu-dayu memanggil kaum muslimin untuk menunaikan shalat Ashar. Lantunan adzan tersebuta berasal dari sebuah masjid berarsitektur Tionghoa yang terletak di Tanjung Bunga.

Ada delapan masjid yang bernuansa Tionghoa di negara ini. Hal tersebut menandakan bahwa setiap etnis punya sumbangsih dalam melakukan syiar di Bumi Pertiwi ini.

Di Makassar, ada dua masjid yang bangunannya bernuansa Tionghoa, satu terletak di Kabupaten Gowa, dan satunya lagi ada di Makassar. Kedua masjid tersebut diberi nama Masjid Mohammad Cheng Hoo.

Hafids Qur’an di Masjid Cheng Hoo Tanjung Bunga (foto : M.Hasim)

Pembangunan Masjid Cheng Hoo yang berlokasi di Tanjung Bunga terilhami seorang Kasim dari Dinasti Ming yang beragama Islam. Menurut sejarah, tahun 1405, Panglima Cheng Hoo telah mengunjugi beberapa kerajaan di Nusantara, selain untuk berdagang juga menyebarkan Islam.

Ust.Badaruddin selaku Sekretaris Takmir Masjid Cheng Hoo menuturkan, tanah tempat dibangunnya masjid dengan arsitektur Tionghoa tersebut adalah tanah yang diwakafkan Ramlah Kalla Aksa.

“Beliau yang menginisiatif pembangunan masjid tersebut, lalu mewakafkan tanahnya kurang lebih 1 hektar. Ibu Ramlah Kalla Aksa pula yang membiayai pembangunan Masjid Cheng Hoo di Tanjung Bunga ini,” ungkap Ustadz Badaruddin kepada Edelweisnews.com.

Masjid Cheng Hoo memiliki dua lantai. Lantai satu diperuntukkan untuk kegiatan sosial dan acara pengantin, sementara lantai dua digunakan untuk ibadah sholat,.

Disamping masjid ada beberapa ruangan untuk para hafids quran dengan jumlah santri sebanyak 30 orang.

Untuk kegiatan selama bulan Ramadhan, imbuh Ustadz Badaruddin, sama dengan masjid yang lain. Yaitu menyelenggarakan tarwih dan buka puasa yang diperuntukkan bagi masyarakat sekitar dan masyarakat yang sedang dalam perjalanan.

Penulis : M. Hasim

Editor. : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Membincang Buku “Matahari di Atas Rante Mario” Karya Andi Makmur Makka

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Mendekatkan sejarah kepada generasi muda melalui karya sastra, merupakan cara kreatif. Walaupun pembaca sastra genre ini dituntut mesti memahami lanskap peristiwanya. Karena sastra jenis ini tak sepenuhnya imajinatif, tapi juga dilengkapi serpihan informasi, serta cerita-cerita yang didasarkan data dan fakta sejarah. Andi Makmur Makka, penulis novel “Rumpa’na Bone” menyadari akan hal itu. […]

Read more
Makassar

Hendriati Sabir Akan Purna Tugas di SD Negeri Borong Makassar Setelah 41 Mengabdi

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Bertepatan dengan momen peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96, pada 28 Oktober 2024 ini, Dra Hj Hendriati Sabir, M.Pd, Kepala UPT SPF SD Negeri Borong, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, akan memasuki purna tugas. Hendriati Sabir lahir 60 tahun lalu di Pangkajene, Kabupaten Sidrap, tepatnya pada 28 Oktober 1964. Alumni Sekolah Pendidikan Guru Negeri […]

Read more
Makassar Olahraga SULSEL

Aster Kasdam XIV/Hsn Menghadiri Event Gajah Mada Run 2024

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Asisten Teritorial (Aster) Kasdam XIV/Hasanuddin Kolonel Kav Eko Saptono, S.E, M.M, menghadiri event “Gajah Mada Run 2024”, dalam rangka peringatan HUT ke-79 TNI Tahun 2024. Acara ini diselenggarakan atas gagasan dari Danpomdam XIV/Hasanuddin Kolonel Cpm Imran Ilyas, S.H., M.H., bertemakan “Langkah Bersama untuk Indonesia Sehat dan Kuat”. Adapun jarak tempuh lari sejauh […]

Read more