Masjid Taqwa Tompong Dibangun Raja Pertama Bantaeng

BANTAENG,EDELWEISNEWS.COM – Masjid Taqwa Tompong adalah situs sejarah Islam yang berada di Kabupaten Bantaeng. Pengaruhnya bagi perkembangan Islam di daerah dengan julukan Butta Toa ini sangat besar.

Masjid yang terletak di Kampung Tompong, Kelurahan Letta, Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng ini, kondisinya masih terjaga dan kokoh.

Dari segi arsitektur, masjid tersebut terpengaruh oleh Dinasti Ming di Tiongkok. Ini bisa dilihat dari bentuk kubah masjid berbentuk tumpang tiga dan berwarna merah. Pada bagian puncaknya terdapat sebuah guci.

Didalamnya juga terdapat banyak tulisan kaligrafi Al-Qur’an. Terdapat juga empat pilar menandakan empat mazhab, yakni Hambali, Hanafi, Syafii dan Malik. Sementara lima pintu masjid menandakan shalat lima waktu.

Masjid ini memiliki ukuran panjang 31,5 meter, lebar 21 meter dan tinggi 16 meter. Sementara pekarangannya dengan panjang 16 meter dan lebar 23,5 meter.

Masjid ini dibangun oleh raja pertama Bantaeng, Karaeng Panawan bersama 12 pemangku adat pada tahun 1885.

Walaupun sebagai situs sejarah, namun masjid ini masih tetap digunakan oleh masyarakat untuk beribadah. Jika anda berada di Kabupaten Bantaeng, masjid tersebut bisa dikunjungi untuk beribadah di Bulan Ramadan tentunya. (hum)

Editor : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar Pariwisata SULSEL

Dispar Makassar Perkuat ‘City Branding’ serta Tingkatkan MICE Nasional dan Internasional

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar terus memperkuat ‘City Branding’ serta meningkatkan kegiatan MICE, sejalan dengan visi Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, untuk mengembangkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif. Kepala Dispar Kota Makassar, Muhammad Roem mengatakan, Dispar Makassar terus berupaya memperkuat City Branding ‘Makassar Kota Makan Enak’ yang diinisiasi oleh Danny Pomanto. […]

Read more
Makassar SULSEL

Petinggi BSI Harap Pemkot Makassar Jadi Mitra Bersama UMKM di Kota Daeng

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menjamu makan malam Komisaris dan Pejabat Utama Bank Syariah Indonesia (BSI) Pusat, Senin (15 Juli 2024) di kediamannya, Jalan Amirullah, Makassar. Danny Pomanto juga mengajak para petinggi BSI ini untuk hadir di Festival F8 dan menyediakan satu booth tersendiri bagi bank syariah tersebut. “Kita perkenalan dan […]

Read more
Makassar SULSEL

Danny Pomanto dan Kejari Makassar Pererat Kerja Sama Bidang Hukum dan Pendampingan Proyek Strategis

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar yang baru Nauli Rahim Siregar mempererat kerja sama bidang hukum dan pendampingan terhadap proyek strategi Pemkot Makassar. “Tidak lain silaturahmi ini ialah mempererat kerja sama dalam bidang hukum. Termasuk evaluasi terhadap pendampingan proyek strategis daerah,” kata Ramdhan Pomanto usai menerima […]

Read more