May Day, Ratusan Buruh Unjukrasa di Fly Over

MAKASSAR,EDELWEISNEWS.COM –
Perjuangan buruh dalam melawan kapitalis melalui revolusi sosialis terus berlanjut. Perjuangan tersebut dimulai pada 1 Mei 1886, saat itu buruh menuntut 8 jam kerja.

Sebab, sebelumnya buruh bekerja 18 hingga 20 jam sehari. Untuk menuntut pengurangan waktu kerja, 70.000 buruh yang bekerja di pabrik mogok kerja. Hal itu membuat kelas pengusaha Amerika terusik.

Di Makassar, May DAY diperingati ratusan buruh dengan berorasi di bawah fly over. Tuntutan buruh belum beranjak dari 19 tuntutan pada umumnya, antara lain, menyangkut kesejahteraan dan kebebasan berserikat.

May Day, sejumlah buruh unjukrasa di fly over (1/5). (foto:M.Hasim)

Dalam release yang dikeluarkan dalam aksi May Day 1 Mei 2019 tersebut, kaum buruh menyuarakan jika di beberapa tempat masih sering terjadi kekerasan, mulai dari traficking, pelecehan dan kekerasan seksual.

Demikian pula terkait upah yang rendah dengan beban kerja yang berat, hingga biaya pendidikan untuk anak – anak kaum buruh tak terjangkau.

Dari kondisi riil yang ada dalam momen Mayday, kaum buruh berusaha mengadakan konsolidasi untuk melawan kekuatan pemilik modal yang terus menggerogoti hak – hak rakyat Indonesia.

Ahmad, salah seorang demonstran yang bekerja di KIMA Makassar mengatakan, mereka berusaha untuk menggalang kekuatan demi memperjuangkan hak-hak mereka.

“Kedua pasang capres tak satupun yang mempunyai rumusan untuk membela hak-hak buruh. Hancurkan kapitalisme dan besarkan sosialisme itulah tujuan kami,” tandas Ahmad, Rabu (1/5).

Penulis : M.Hasim

Editor. : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar

Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar Kunjungi Mapolda Sulsel

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar Muhammad Arif Anwar melakukan kunjungan ke Mapolda Sulsel pada Selasa (16/7/2024). Pada kunjungannya, Arif Anwar beserta jajarannya diterima langsung oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulsel di Gedung Mapolda Sulsel. Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi menerima rombongan dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar menyambut […]

Read more
Makassar

Pangdam XIV/Hsn Menghadiri Acara Kenal Pamit Wakapolda Sulsel

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Panglima Kodam (Pangdam) XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P., bersama Forkopimda Sulsel, menghadiri acara kenal pamit Wakapolda Sulawesi Selatan. Acara yang diselenggarakan untuk menyambut Brigjen Pol. Nasri, S.I.K., M.H., Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan yang baru, serta melepas Irjen Pol CH. Patoppoi, S.St., M.K., S.H., yang telah menjabat sebelumnya. Acara […]

Read more
Makassar

Kabintaljarahdam XIV/Hsn Mewakili Pangdam Hadiri Peringatan Haul Akbar Wali-Wali Allah

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kepala Pembinaan Mental dan Sejarah Kodam (Kabintaljarahdam) XIV/Hasanuddin Kolonel Cba Arwan Asrib, S.E., mewakili Pangdam, menghadiri Peringatan Haul Akbar Wali-Wali Allah yang diselenggarakan di Masjid Al-Umar/Ponpes Al-Mubarak, Kompleks Universitas Hasanuddin (UNHAS) Baraya, Kota Makassar. Senin, (15/07/2024). Acara yang digelar dengan khidmat ini dihadiri oleh berbagai lapisan masyarakat yang berkumpul untuk mengenang dan […]

Read more