Menguji pada Program Doktor di UNM, Pangdam XIV/Hsn : Kepercayaan Publik Akan Muncul Manakala Kita Tampil dan Eksis

0
68

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr. (Han), menjadi Penguji Eksternal dalam Ujian Disertasi Program Doktor (S3), bertempat di Ruang Lantai 7 Gedung Phinisi UNM, Kota Makassar, Jumat (24/11/2023).

Ujian Disertasi Program Doktor (S3) ini dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng sebagai Ketua/Promotor dan Brigen Pol M. Awal Chairuddin sebagai peserta ujian dengan mengangkat judul “Optimalisasi Peran Bhabinkamtibmas Dalam Membangun Publik Trust”.

Dalam ujian ini, tampak para penguji memberikan berbagai masukan kepada Brigjen Awal Chairuddin, salah satunya penguji lulusan terbaik Seskoad Tahun 2002 Mayjen Totok menyampaikan, bahwa teori pembangunan Publik Trust ini merupakan suatu kesatuan, yang tidak hanya dibangun oleh satu orang dan harus membangun komunikasi dengan Tiga Pilar Desa yakni Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kepala Desa serta tokoh-tokoh setempat.

Selain itu, juga dapat memerankan sosok Babinsa/Bhabinkamtibmas yang profesional serta mampu memetakan potensi wilayah, meningkatkan kualitas kinerjanya.

“Kamtibmas : Keamanan, Ketertiban Masyarakat, dalam Tibmasnya Babinsa bisa sendiri, kalau bicara keamanan Babinsa harus menggandeng stakeholder yang lainnya,” tandasnya.

Diakhir pengujian, Mayjen Totok mengungkapkan bahwa jika terdapat suatu saran berarti hal tersebut menjadi sesuatu yang akan dieksekusi.

“Kepercayaan publik akan muncul manakala kita tampil dan eksis,” tutup mantan Gubernur Akmil ini.

Sumber : Pendam XIV Hsn

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini