Menuju Akreditasi Nasional, Pustakawan Dinas Perpustakaan Gelar Sentuh Pustaka di Sejumlah Sekolah

0
68

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM -.Pustakawan Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Hartina Nanrang melakukan giat Sentuh Pustaka dibeberapa sekolah di Makassar. Diantaranya di SD Panaikang 2 Makassar, SD Pampang, dan SD Tamamaung II. Ketiga sekolah ini akan menuju Akreditasi Nasional Tahun 2024.

Program Sentuh Pustaka, adalah salah satu inovasi Dinas Perpustakaan Kota Makassar dengan melakukan pembinaan perpustakaan sekolah dengan yang akronimnya “Semua Membantu Menghidupkan Perpustakaan”.

Sentuh Pustaka adalah suplemen dari kegiatan pembinaan perpustakaan yang menggabungkan beberapa unsur, yakni unsur internal dari Tim Pembina Perpustakaan Sekolah dan unsur eksternal dari kelompok kerja pustakawan dan pegiat literasi, mitra/penerbit dan pimpinan lembaga/kepala sekolah.

Hal ini berlatar belakang dari kekhawatiran rendahnya minat baca di Kota Makassar. Salah satu penyebab yang diidentifikasi karena kondisi perpustakaan yang kurang menarik dan tidak tertata. Kondisi yang jauh dari rasa nyaman menyebabkan pengunjung enggan menghabiskan waktu membaca di perpustakaan.

Tim Sentuh Pustaka kemudian membongkar perpustakaan untuk ditata agar anak nyaman saat berkunjung. Semua sistem peminjaman dan pengembalian buku sudah terdata menggunakan komputer.

Untuk membangun strategi Sentuh Pustaka, yaitu meningkatkan komitmen dalam mengelola perpustakaan sudah diperkuat dengan Perka (Peraturan Perpustakaan), seperti jumlah
buku, jumlah rak dan penataannya. (Fb)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini