Momen Hari Buku Nasional, Rusdin Tompo Serahkan Buku ke DPK Provinsi Sulawesi Selatan

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Sebagai upaya menambah koleksi perpustakaan dan mendorong kegemaran membaca, Rusdin Tompo menyerahkan bukunya kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat (17 Mei 2024). Buku diterima oleh Farah Febryana, staf di Bagian Deposit.

“Momen Hari Buku Nasional ini, saya menyerahkan buku kepada perpustakaan biar bisa dibaca banyak orang,” jelas Koordinator Perkumpulan Penulis Indonesia Satupena Provinsi Sulawesi Selatan, setelah menyerahkan bukunya.

Buku yang diserahkan itu berjudul Perpustakaan Ibu dan Anak, karya Nasyidah, S.Sos, M.AP. Rusdin Tompo merupakan editor buku yang mendokumentasikan praktik baik Perpustakaan Ibu dan Anak yang merupakan inovasi DPK Provinsi Sulawesi Selatan tersebut.

Buku ini merupakan pengembangan dari orasi ilmiah Nasyidah sebagai Pustakawan Ahli Utama, yang disampaikan di Aula Perpusnas RI, Jakarta, September 2023. Dalam buku ini digambarkan pengalaman DPK Provinsi Sulawesi Selatan mengembangkan Perpusrakaan Ibu dan Anak, yang terletak di Jalan Lanto Daeng Passewang No 2 Makassar.

Sebelumnya, Rusdin Tompo juga menyerahkan buku karya Prof Sukardi Weda berjudul Pusparagam Gagasan: Literasi Politik dan Demokrasi serta Masalah-Masalah Kemasyarakatan Lainnya, yang diterima Adriani, pustakawan DPK Provinsi Sulawesi Selatan. Dia merupakan editor buku yang ditulis oleh mantan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNM tersebut.

Setelah menyerahkan bukunya, DPK Provinsi Sulawesi Selatan memberikan surat ucapan terima kasih kepada Rusdin Tompo. Dalam surat yang ditandatangani Hj Syamsinar, S.Hum, MM, sebagai pustakawan, disebutkan bahwa penyerahan buku merupakan implementasi Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak Karya Rekam.

Penyerahan karya simpan karya rekam bertujuan mewujudkan koleksi nasional dan melestarikannya sebagai hasil budaya bangsa. Ini akan menunjang pembangunan melalui pendidikan, penelitian, serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, juga untuk menyelamatkan karya cetak karya rekam dari ancaman bahaya kerusakan atau kepunahan.

Dalam surat itu disebutkan pula bahwa penyerahan buku merupakan peran serta masyarakat, sebagai penulis maupun penerbit. Hal ini sangat diharapkan karena penyerahan karya seperti ini akan jadi koleksi serah simpan dari Perpustakaan Provinsi Sulawesi Selatan. Ini juga akan jadi bagian dari upaya membangun budaya literasi melalui pendayagunaan koleksi serah simpan.

“Penyerahan buku ini sebagai implementasi UU tentang Karya Cetak Karya Rekam, sekaligus bentuk penguatan gerakan literasi di daerah ini,” ungkap Rusdin Tompo.

Pada Hari Buku Nasional yang juga diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Perpusnas RI, dia menyerahkan buku yang sama kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gowa. Buku diterima Irfan Latief, pustakawan, di Gedung Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Gowa, Jalan Masjid Raya No 36 Sungguminasa. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL TNI / POLRI

Pamen Ahli Bid. Ekonomi Poksahli Wakili Pangdam XIV/Hsn Menghadiri Rakor Inflasi Pengendalian Inflasi Daerah 2024

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Pamen Ahli Bidang Ekonomi Poksahli Kolonel Kav Demak Sianturi, S.E mewakili Pangdam XIV/Hasanuddin menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024, di Baruga Lounge, Lantai I Gedung A Kantor Gubernur Sulsel, Jl. Urip Sumoharjo, Kota Makassar, Senin (24/6/2024). Rakor ini dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI) Jenderal […]

Read more
Haji Makassar SULSEL

Pamen Ahli Bid. Ilpengtek Wakili Pangdam Hadiri Penerimaan Jemaah Haji Kloter UPG 01 Embarkasi Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Pamen Ahli Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Ilpengtek) Poksahli Kolonel Inf Indra Kurnia, S.Sos mewakili Pangdam XIV/Hasanuddin menghadiri penerimaan kepulangan jemaah haji Kloter Ujung Pandang (UPG) 01 Embarkasi Makassar, bertempat di Aula Arafah, Asrama Haji Embarkasi, Jl. Bakung 1 Sudiang, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar, Minggu (23/6/2024). Kepulangan jemaah haji ini, merupakan suatu […]

Read more
Makassar SULSEL

Unit Resmob Polres Gowa Berhasil Menangkap Pelaku Penipuan Arisan

GOWA, EDELWEISNEWS.COM – Pada hari Sabtu, 22 Juni 2024, sekitar pukul 04.20 Wita, Unit Resmob Satreskrim Polres Gowa berhasil mengungkap dan menangkap seorang pelaku penipuan di Perumahan Citraland Celebes, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Senin (24/6/2024). Kasus penipuan ini dilaporkan di SPKT Polres Gowa pada tanggal 20 Maret 2024 oleh korban perempuan inisial SR (30), […]

Read more