Murid SDN Sudirman 4 Dimotivasi Menulis Sebelum Ikut Outing Class

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Anak-anak perlu terbiasa mendokumentasikan ceritanya, pengalaman, dan pembelajaran yang diperolehnya, salah satunya melalui aktivitas menulis. Menulis itu penting agar pemikiran bisa dibaca banyak orang. Bahkan meski penulisnya tidak dikenal secara langsung, bahkan sudah tiada. Lewat tulisan-tulisan yang dicetak dalam bentuk buku, atau dipublikasikan di media digital, penulisnya tetap hidup.

Itu pesan dan motivasi sederhana yang diberikan Rusdin Tompo, penulis dan pegiat Sekolah Ramah Anak, kepada murid-murid kelas 5 SD Negeri Sudirman IV Kota Makassar, Jumat (23 Februari 2024). Hampir 50 anak yang ikut dalam kegiatan pembekalan penulisan ini. Kegiatan diadakan di Perpustakaan Samudera SDN Sudirman IV, yang berada di lantai dua.

Kegiatan yang berlangsung santai ini, dibuka oleh Kepala UPT SPF Sudirman IV, Sarwinah, S.Pd, M.Pd. Wali kelas dari murid yang ikut kegiatan ini juga hadir, masing-masing Asriani Geno, S.Pd dan Andi Aspiah, S.Pd.

Sarwinah meminta murid-murid yang hadir dapat memanfaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya untuk meningkatkan minat dan keterampilan mereka di bidang menulis.

Sebagai kegiatan pembekalan, Rusdin Tompo lebih memberikan motivasi agar anak-anak berani menulis. Ditekankan, bahwa memulai menulis itu harus berani, sama seperti ketika mereka belajar naik sepeda, tiada rasa takut, meski terjatuh dan luka.

“Dalam menulis, perlu kembangkan imajinasi, harus selalu bertanya agar menemukan informasi bagi tulisan kita. Terpenting adalah harus jujur dan bangga pada karya sendiri,” ujar Rusdin Tompo.

Untuk menyemangati anak-anak, mereka diajak melakukan yel-yel “Tepuk Hak Anak”, dan menyanyikan lagu “10 Hak Anak”.

Ini cara pendiri LISAN itu mensosialisasikan hak-hak anak. “Tepuk Hak Anak” berisi empat prinsip hak anak dalam Konvensi Hak-Hak Anak (KHA) PBB, yakni hak hidup, tumbuh kembang, perlindungan, dan partisipasi anak. Prinsip-prinsip ini juga diadopsi dalam Undang-Undang Perlindungan Anak.

Pembekalan menulis ini sebagai persiapan bagi anak-anak yang akan mengikuti Outing Class. Kegiatan Outing Class ini bukan saja belajar di luar sekolah, tapi sekaligus sebagai sarana edukasi dan rekreasi.

Murid-murid Kelas 5 SD Negeri Sudirman IV itu akan melakukan Outing Class di kawasan Wisata Dolli Bungaeja, Desa Tukamasea, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, pada akhir pekan ini. (*)

Editor.: Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Danny Pomanto Persiapkan Kenaikan Dana Hibah PMI dan Gelar Lorong Donor

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto mengatakan akan mempersiapkan kenaikan Dana Hibah untuk PMI Kota Makassar. “Yang jelas Dana Hibah untuk PMI Kota Makassar harus naik. Apalagi pernah mencapai Rp4 miliar,” kata Danny Pomanto, sapaan akrab Ramdhan Pomanto saat diwawancarai usai meresmikan Musyawarah Kota (Muskot) PMI Makassar di Jl Andi Djemma, Kamis […]

Read more
Makassar SULSEL

Danny Pomanto Hadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah 209 Bintara Polri

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menghadiri dan meramaikan Upacara Penutupan, Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gelombang I 2024 SPN Polda Sulsel. Upacara berlangsung di Lapangan Upacara SPN Polda Sulsel, Jl Urip Sumoharjo, Kamis (11 Juli 2024). Danny Pomanto hadir di SPN Polda Sulsel sekira pukul 07.55 Wita dan […]

Read more
Makassar SULSEL

Ketua TP PKK Kota Makassar Dorong Penguatan Peran Remaja dalam Pengelolaan Masjid di Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Makassar mengambil langkah konkret dalam pemberdayaan masjid melalui pelatihan intensif untuk remaja masjid. Bertempat di Makassar Golden Hotel, kegiatan ini diikuti oleh 200 peserta setiap harinya, dengan tujuan memperkuat peran remaja dalam memakmurkan dan mengelola masjid di wilayah mereka masing-masing. Ketua TP PKK Kota Makassar […]

Read more