Ngabuburit Ala Murid-Murid Kelas 1 SD Negeri Borong Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM.- Salah satu keutamaan bulan Ramadan adalah pahala yang berlipat ganda dari setiap kegiatan ibadah yang dikerjakan. Karena itu, banyak orang melakukan kegiatan amal saleh selama bulan suci ini, antara lain berinfak, sedekah, dan berbagi takjil. Termasuk buka puasa bersama yang merupakan tradisi untuk merawat silaturahmi.

Mengamalkan keutamaan bulan Ramadan ini pula yang coba ditanamkan sejak dini di kalangan murid-murid kelas 1A dan 1B SD Negeri Borong. Orang tua murid dari sekolah yang berada di Kelurahan Borong, Kecamatan Manggala itu, kompak urun rembuk mengadakan kegiatan ngabuburit sebelum berbuka puasa bersama, pada Jumat, 14 April 2023. Ngabuburit merupakan aktivitas menunggu azan Magrib saat bulan Ramadan.

Murid-murid kelas 1 itu, ditemani orang tua masing-masing, keluar dari kelasnya menuju gerbang sekolah untuk berbagi takjil. Masing-masing memegang paket takjil untuk diberikan bagi pengendara yang melewati sekolah mereka di Jalan Borong Raya.

Neny Wahyuni Wahab, S.Pd, wali kelas 1, senang melihat murid-muridnya antusias berbagi takjil. Semangat berbagi ini juga merupakan tanda syukur atas nikmat yang diberikan Allah Swt. Usai berbagi takjil dan buka puasa bersama, dilanjutkan dengan sholat Magrib berjamaah.

Acara buku puasa ini dihadiri pula oleh Ketua Komite SD Kompleks Borong, Drs H Marzuki, penggiat literasi, Rusdin Tompo, guru-guru, dan tenaga kependidikan. Staf dari unsur Laskar Pelangi yang di tempatkan di SD Negeri Borong juga hadir.

Bunda Asyraf, orang tua dari Muh Azhari Nirwan, murid kelas 1A, mengungkapkan bahwa anaknya senang berbagi takjil meski awalnya dia merasa capek dan haus. Tapi pada saat anaknya ke pinggir jalan melihat kondisi jalan yang macet, sementara sudah hampir waktu berbuka puasa, akhirnya dia kasihan melihat orang-orang yang masih di atas kendaraan terjebak macet.

Muh Azhari Nirwan lalu menyampaikan ke ibunya, bahwa dia kasihan pada orang-orang yang di jalan, tidak ada pa’bukanya. Dia bertanya, di manaki mereka mau buka puasa. Bunda Asyaraf menjawab, makanya sekarang kita bagi-bagikan takjil supaya kalau masuk waktu azan Magrib, semua orang bisa makan di atas kendaraannya.

Bunda Alsya, orang tua dari Alghifari Abid Hasan, murid kelas 1B, juga mengaku anaknya senang sekali ikut berbagi takjil bersama teman-teman, guru-guru, dan orang tua murid lainnya. Anaknya, kata Bunda Alsya, antusias ikut membantu dan bersedekah. Apalagi kegiatan ini didukung penuh oleh Kepala SD Negeri Borong.

Kepala UPT SPF SD Negeri Borong, Dra Hj Hendriati Sabir, M.Pd memuji kekompakan orang tua murid kelas 1. Menurutnya, jika kekompakan yang terbangun ini terus dipertahankan maka akan berkontribusi positif bagi pembelajaran anak dan kemajuan sekolah. Karena merupakan bentuk partisipasi orang tua dalam bidang pendidikan, khususnya di sekolah. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Disbud Persembahkan Tari Bunga Buttayya, Kisahkan Perempuan dan Makassar di F8

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Dinas Kebudayaan Kota Makassar kembali memeriahkan event Makassar International Eight Festival & Forum atau F8 di Panggung Utama F8, Kawasan Tugu MNEK, CPI, Jumat (26 Juli 2024). Disbud Makassar menampilkan Tari Bunga Butayya yang menggambarkan karakter perempuan dan Makassar. Yang mana dua kata tersebut memiliki entitas yang tak bisa dipisahkan. Sosok perempuan […]

Read more
Makassar SULSEL Wajo

LSKP Bekerja sama Dinkes Kabupaten Wajo Gelar Bimtek Evaluasi Standar Pelayanan Minimal

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Lembaga Studi Kebijakan Publik (LSKP) mengadakan Bimbingan Teknis Evaluasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo Tahun Anggaran 2024 di Hotel M Regency Makassar dari tanggal 25 hingga 26 Juli 2024. Dr. drg. Hj. Armin, M. Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo mengatakan, Bimtek ini untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan […]

Read more
Lingkungan Makassar SULSEL

Rencana Dihadiri Joko Widodo, Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut Dipusatkan di Kota Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Perhelatan akbar Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut (BCL) akan dipusatkan di Kota Makassar pada Agustus 2024 mendatang. Kegiatan ini rencananya akan dihadiri langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo beserta jajaran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Gerakan ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah dalam mengurangi sampah di laut dan pesisir. Hal tersebut disambut […]

Read more