Pangdam XIV Hasanuddin Tutup TMMD ke – 105 di Pinrang

PINRANG,EDELWEISNEWS.COM – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -105 Kodam XIV/Hsn yang digelar di empat wilayah kabupaten/kota meliputi Kabupaten Sinjai, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Buton Utara dan Kota Makassar secara resmi dinyatakan berakhir. Upacara penutupan TMMD di masing-masing wilayah secara serentak pada hari Kamis, 8 Agustus 2019.

Upacara penutupan TMMD Kodim 1404/Pinrang yang digelar di Lapangan Desa Leppangan Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang dipimpin langsung oleh Panglima Kodam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi S.I.P, M.Si sebagai inspektur upacara.

Sedangkan penutupan TMMD Kodim 1408/BS dilaksanakan di Jalan Prof. Fahruddin Kelurahan Sudiang Raya Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar oleh Kepala Staf Divisi Infanteri 3/Darfa Cakti Yudha Brigjen TNI Dwi Darmadi, S.Sos sebagai inspektur upacara.

Selanjutnya penutupan TMMD Kodim 1416/Muna dilaksanakan di Lapangan Raja Jin Kelurahan Bangkudu, Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara dan untuk Kodim 1424/Sinjai digelar di Lapangan Sepak Bola Tompobulu Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai.

Pangdam XIV/Hasanuddin dalam amanatnya menyampaikan agar kebersamaan anggota Satgas dan warga yang telah terjalin selama pelaksanaan TMMD merupakan refleksi dari kemanunggalan TNI Rakyat yang hakiki.

“Kebersamaan seperti inilah sebenarnya hakekat dari Kemanunggalan TNI-Rakyat yang merupakan roh perjuangan bangsa dan akan terus kita bangun serta pelihara, guna menyiapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara yang bersifat semesta,” jelasnya.

Pangdam juga mengharapkan sinergitas yang telah terjalin agar dipertahankan, bahkan lebih ditingkatkan diberbagai aspek pengabdian lainnya, sehingga terwujud kehidupan yang lebih aman, nyaman, tenteram dan sejahtera serta tercipta masyarakat yang mandiri dan berkualitas.

“Saya ucapkan terima kasih banyak kepada masyarakat yang telah berpartisipasi aktif menyukseskan pelaksanaan TMMD ke 105 tahun 2019. Apabila selama kegiatan berlangsung ada yang kurang berkenan, baik kata maupun tindakan mohon dimaafkan,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam Hasanuddin berpesan kepada warga dan pemerintah untuk bersama-sama menjaga dan memelihara hasil proyek TMMD dan direspon oleh Bupati Pinrang yang akan meningkatkan status jalan tersebut.

Setelah kegiatan upacara penutupan TMMD di Kabupaten Pinrang, Pangdam Hasanuddin dan Bupati Pinrang saling bertukar Cinderamata yang dilanjutkan dengan dilanjutkan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba panjat pinang, lomba makan kerupuk, lomba lari karung dan lomba lari kelereng yang diselenggarakan oleh Kodim 1404/Pinrang dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI di lokasi TMMD.

Selain itu, Pangdam yang didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV/Hasanuddin Ny. Hj. Endang Surawahadi menyerahkan bantuan paket Sembako kepada ratusan warga yang hadir menyaksikan upacara penutupan dan melepas para anggota Satgas yang sudah dianggap sebagai bagian keluarga dengan penuh keharuan.

“Sedihku Pak, tiap harika kasian sama-sama di rumah kayak keluargami juga,” ucap Ibu Rohani,salah satu pemilik rumah yang ditempati anggota Satgas menetap.

Selain keharuan dan rasa sedih yang dirasakan oleh warga, mereka juga tak dapat menyembunyikan rasa gembira dan bahagianya ,karena berkah TMMD yang memberikan infrastruktur jalan dan jembatan yang layak di wilayahnya.

“Terima kasih Kodam Hasanuddin dan Kodim, dengan jalan yang telah dibuat ini, kami yang selama ini untuk menyeberang ke kampung sebelah harus menempuh jarak 14 Km sekarang hanya ditempuh dengan jarak 2 Km, dan saat ini kami juga sudah memiliki jembatan beton yang dulunya dari kayu,” ucap Hamid salah satu warga Desa Leppangan.

Penulis : Adi Summit

Editor. : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar Pariwisata SULSEL

Dispar Makassar Perkuat ‘City Branding’ serta Tingkatkan MICE Nasional dan Internasional

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar terus memperkuat ‘City Branding’ serta meningkatkan kegiatan MICE, sejalan dengan visi Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, untuk mengembangkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif. Kepala Dispar Kota Makassar, Muhammad Roem mengatakan, Dispar Makassar terus berupaya memperkuat City Branding ‘Makassar Kota Makan Enak’ yang diinisiasi oleh Danny Pomanto. […]

Read more
Makassar SULSEL

Petinggi BSI Harap Pemkot Makassar Jadi Mitra Bersama UMKM di Kota Daeng

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menjamu makan malam Komisaris dan Pejabat Utama Bank Syariah Indonesia (BSI) Pusat, Senin (15 Juli 2024) di kediamannya, Jalan Amirullah, Makassar. Danny Pomanto juga mengajak para petinggi BSI ini untuk hadir di Festival F8 dan menyediakan satu booth tersendiri bagi bank syariah tersebut. “Kita perkenalan dan […]

Read more
Makassar SULSEL

Danny Pomanto dan Kejari Makassar Pererat Kerja Sama Bidang Hukum dan Pendampingan Proyek Strategis

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar yang baru Nauli Rahim Siregar mempererat kerja sama bidang hukum dan pendampingan terhadap proyek strategi Pemkot Makassar. “Tidak lain silaturahmi ini ialah mempererat kerja sama dalam bidang hukum. Termasuk evaluasi terhadap pendampingan proyek strategis daerah,” kata Ramdhan Pomanto usai menerima […]

Read more