Pangdam XIV Hsn dan Kapolda Sulsel Perintahkan untuk Tempatkan Pasukan Gabungan 2 Pleton di Pegunungan Latimojong

0
23

LUWU, EDELWEISNEWS.COM – Selasa (7/5/2024), Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Andi Rian R Djajadi dan Pangdam Hasanuddin, Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun meninjau langsung warga terdampak bencana tanah longsor di Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Selasa (7/5/2024).

Kedua Jenderal bintang dua itu mendarat di Lapangan Desa Pajang, Kecamatan Latimojong menggunakan Helikopter AW 169 Polri.

Kedatangan Kapolda dan Pangdam bagai obat pelipur lara para penyintas yang sebagian menunggu untuk dievakuasi.

Sejumlah pasien, lansia dan anak-anak menunggu antrian evakuasi pesawat Carakal TNI AU.

Irjen Andi Rian dan Majyen Bobby menyapa dan menenangkan warga yang belum bisa dievakuasi.

“Kami berdua sengaja terbang ke Lapangan Desa Pajang, Kecamatan Latimojong ini dengan tujuan survey lokasi untuk posko di Kecamatan Latimojong,” jelasnya.

Andi Rian berharap penyintas tetap tenang dan tidak panik dan semoga pendirian posko bantuan menjadi solusi terbaik buat warga korban bencana.

Kapolda, Pangdam, PJ Gubernur dan seluruh stakeholder akan terus mengirimkan personel TNI-Polri serta tenaga kesehatan dan tanaga lainnya ke lokasi tersebut.

Dua pleton personil gabungan TNI-Polri akan ditempatkan di lokasi tersebut bersama tenaga kesehatan dan tagana.

Sampai saat ini akses darat belum mampu menembus lokasi bencana di pegunungan Latimojong, olehnya upaya sampai hari ini mendahulukan suplay logistik dan kebutuhan lainnya melalui udara.

Menurut Andi Rian, dua helikopter akan terus dikerahkan untuk mengevakuasi warga terdampak sambil menunggu tambahan helikopter BPBD yang kabarnya segera tiba.

Untuk proses evakuasi warga menggunakan skala prioritaskan dan emergency. Kalau ada yang mau jalan-jalan ketemu keluarganya tidak menjadi prioritas evakuasi.

Pangdam Hasanuddin Mayjen Bobby menjelaskan, ada tugas tambahan untuk personil gabungan, mereka akan mendata kebutuhan dasar warga berbasis dusun atau desa.

Lulusan Akmil 1992 ini menambahkan, pasukan TNI-Polri juga berfungsi melakukan trauma healing kepada warga selama di camp pengungsian.

Tim trauma healing akan diturunkan. Pangdam, Kapolda dan Pj Gubernur sudah meminta kepada bupati dan kadis sosial untuk menyiapkan tim trauma healing untuk segera naik ke Gunung Latimojong. (Ril)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini