Pemprov Sulsel Siapkan Bantuan 18 Unit Kapal Nelayan, Gubernur : 15 Unit Dibuat di Bulukumba

BULUKUMBA, EDELWEISNEWS.COM – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengalokasikan untuk memberikan 18 unit kapal nelayan untuk Tahun 2023. Dua unit kapal Perikanan 10 GT, 16 unit untuk kapal perikanan 5 GT.  

Hal itu menjadi program dibawah kepemimpinan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

“Alhamdulillah, tahun 2023 ini kita alokasikan 18 unit kapal nelayan untuk dibagikan kepada kelompok nelayan di beberapa Kabupaten/Kota,” ujarnya.

Untuk pembuatan kapal ini, Pemprov Sulsel mempercayakan di Kabupaten Bulukumba dan Kota Palopo. Sebagian besar, atau 15 unit diantaranya dibuat di Kabupaten Bulukumba.

Daerah dengan sebutan Butta Panrita Lopi ini,  dikenal sebagai pengrajin kapal Pinisi. Terlebih, Kapal Pinisi dari Sulawesi Selatan juga telah resmi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural Heritage) oleh UNESCO beberapa tahun lalu.

“Pembuatan kapalnya dari pengrajin di Bonto Bahari di Bulukumba. Ini memang pusat industri pembuatan kapal,” jelasnya.

“Diharapkan bantuan kapal ini mendukung peningkatan produksi perikanan tangkap masyarakat nelayan. Sekaligus membantu menggeliatkan perekonomian bagi pengrajin kapal di Bulukumba dan Palopo,” tuturnya. (Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL TNI / POLRI

Pamen Ahli Bid. Ekonomi Poksahli Wakili Pangdam XIV/Hsn Menghadiri Rakor Inflasi Pengendalian Inflasi Daerah 2024

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Pamen Ahli Bidang Ekonomi Poksahli Kolonel Kav Demak Sianturi, S.E mewakili Pangdam XIV/Hasanuddin menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024, di Baruga Lounge, Lantai I Gedung A Kantor Gubernur Sulsel, Jl. Urip Sumoharjo, Kota Makassar, Senin (24/6/2024). Rakor ini dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI) Jenderal […]

Read more
Haji Makassar SULSEL

Pamen Ahli Bid. Ilpengtek Wakili Pangdam Hadiri Penerimaan Jemaah Haji Kloter UPG 01 Embarkasi Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Pamen Ahli Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Ilpengtek) Poksahli Kolonel Inf Indra Kurnia, S.Sos mewakili Pangdam XIV/Hasanuddin menghadiri penerimaan kepulangan jemaah haji Kloter Ujung Pandang (UPG) 01 Embarkasi Makassar, bertempat di Aula Arafah, Asrama Haji Embarkasi, Jl. Bakung 1 Sudiang, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar, Minggu (23/6/2024). Kepulangan jemaah haji ini, merupakan suatu […]

Read more
Makassar SULSEL

Unit Resmob Polres Gowa Berhasil Menangkap Pelaku Penipuan Arisan

GOWA, EDELWEISNEWS.COM – Pada hari Sabtu, 22 Juni 2024, sekitar pukul 04.20 Wita, Unit Resmob Satreskrim Polres Gowa berhasil mengungkap dan menangkap seorang pelaku penipuan di Perumahan Citraland Celebes, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Senin (24/6/2024). Kasus penipuan ini dilaporkan di SPKT Polres Gowa pada tanggal 20 Maret 2024 oleh korban perempuan inisial SR (30), […]

Read more