Penggiat Smart Cities Amerika Helen Santiago Paparkan Dekarbonisasi Perkotaan di Rakorsus Pemkot Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM.- Manajer Program Smart Cities Partnership (SCP) Amerika, Helen Santiago Fink memaparkan tiga cara penting dekarbonisasi di Makassar.

Dalam materi yang disampaikannya, Helen menyebut ada tiga metode penting dalam upaya menurunkan emisi karbon khususnya di wilayah perkotaan.

Untuk menerapkan dekarbonisasi di perkotaan perlunya tata kelola multi-tingkat dan kemitraan lintas disiplin merupakan hal yang mendasar.

Pasalnya secara kolektif bertujuan untuk mendorong sistem perkotaan yang berkelanjutan dan berketahanan serta memajukan aksi iklim pada skala regional, nasional, dan sub-nasional/kota.

Dia menyebut, gerakan dan aksi dekarbonisasi dapat dimulai dengan melakukan Pendanaan Iklim. Hal itu untuk memastikan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan memiliki sumber daya yang memadai untuk penelitian dan inovasi, infrastruktur berkelanjutan/rendah karbon, produk dan layanan ekologis di pasar.

Kedua, mendirikan Bangunan Ramah Lingkungan. Langkah itu untuk mengatasi tren urbanisasi dan mendorong desain dan konstruksi untuk mengurangi karbon operasional dan karbon yang terkandung di dalamnya.

Aspek akhir ialah Ekonomi Sirkular. Ini kata dia, untuk mendorong pemulihan sumber daya dan mengoptimalkan aliran limbah.

“Misalnya limbah elektronik untuk menangkap mineral tanah. Limbah makanan untuk menghasilkan energi, pupuk organik, dan bioplastik,” kata Helen pada sela-sela pembukaan Rakorsus Pemkot Makassar 2024, Senin, (26/02/2024).

Disamping itu, kerja sama untuk ekosistem dan infrastruktur, semisal adanya taman atau pasar dengan inovasi ramah lingkungan merupakan satu hal yang penting.

Kedepannya, tekan dia, Pemkot Makassar dan pusat harus bekerjasama dengan mitra multi-sektor untuk memajukan dan melaksanakan agenda iklim dengan komitmen nyata terhadap keberlanjutan dan sirkularitas ekonomi perkotaan.

Langkah itu dilalui dengan penguatan inovasi, struktur tata kelola dan investasi, sekaligus membangun kapasitas untuk mengoptimalkan multi sektor. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Kesra Kota Makassar Gelar Pelatihan Manajemen untuk 1.500 Pengurus Masjid

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM.- Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Makassar menggelar Manajemen Pengelolaan Masjid kepada 1.500 pengurus masjid di Kota Makassar. Hal ini dalam upaya meningkatkan peran masjid sebagai pusat peradaban ummat Muslim. Acara berlangsung mulai tanggal 18 hingga 25 Juli 2024 di Makassar Golden Hotel, dengan setiap peserta mewakili satu masjid di Kota Makassar. […]

Read more
Makassar SULSEL

BPBD Kota Makassar Dorong Livable dan Resilient City Melalui Peningkatan Kapasitas

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar telah mengambil serangkaian langkah strategis untuk memperkuat kapasitas Kota Makassar dalam menghadapi tantangan bencana. Hal ini sejalan dengan salah satu Program Strategis Wali Kota Moh. Ramdhan Pomanto untuk menjadikan Makassar sebagai Livable City dan Resilient City yang tangguh. Kepala Pelaksana BPBD, Achmad Hendra Hakamuddin menyatakan, […]

Read more
Makassar SULSEL

Pangdam XIV/Hsn Terima Paparan RGB Latihan Pratugas Operasi Satgas Pamtas Darat RI-Malaysia Yonzipur 8/SMG

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P., menerima paparan Rencana Garis Besar (RGB) Latihan Pratugas Operasi Satgas pengamanan perbatasan (Pamtas) Darat Republik Indonesia-Malaysia Yonzipur 8/Sakti Mandra Guna TA. 2024, dari Danrindam XIV/Hasanuddin Kolonel Inf Budiawan Basuki. Pemaparan tersebut guna memberikan gambaran tentang rencana pelaksanaan latihan pratugas Pamtas Darat RI-Malaysia, bertempat di […]

Read more