Pentingnya Menjaga Kesehatan Menurut Pandangan Islam

0
200

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kesehatan adalah hal utama diinginkan oleh semua orang. Tidak ada sesuatu yang lebih berharga dibanding kesehatan. Sebab, dengan tubuh yang sehat kita dapat beraktivitas dengan baik.

Sehat adalah kondisi fisik dimana semua fungsi berada dalam keadaan sehat. Menjadi sembuh sesudah sakit adalah anugerah terbaik dari Allah kepada manusia. Dalam Islam juga ada cara untuk menjaga kesehatan seperti halnya menjaga kebersihan dan melaksanakan syariat wudhu dan membersihkan diri secara rutin dengan mandi.

Maka jika kita dalam keadaan sehat, sebagai hamba Allah hendaklah bersyukur atas kesehatan yang kita miliki dan tidak bersikap kufur.

Nabi saw. bersabda, “Ada dua anugerah yang karenanya banyak manusia tertipu, yaitu kesehatan yang baik dan waktu luang.” (HR. Bukhari).

Abu Darda berkata, “Ya Rasulullah, jika saya sembuh da­ri sakit saya dan bersyukur karenanya, apakah itu lebih baik daripada saya sakit dan menanggungnya dengan sabar?” Nabi saw menjawab, “Sesungguhnya Rasul mencintai kesehatan sama seperti engkau juga menyenanginya.”

Diriwayatkan oleh  at-Tirmidzi bahwa Rasulullah Saw bersabda: ‘Barangsiapa bangun di pagi hari dengan badan sehat dan jiwa sehat pula, dan rezekinya dijamin, maka dia seperti orang yang memiliki dunia seluruhnya.”

Membahas masalah kesehatan, dalam Islam juga ada konsep tentang bagaimana menjaga kesehatan.

Pasti kita semua pernah mendengar, lebih baik mencegah daripada mengobati. Ini berlaku dalam menjaga kesehatan tubuh. Alangkah lebih baiknya kita mencegah segala sesuatu hal yang sekiranya dapat menurunkan imun kesehatan kita, daripada akhirnya kita akan jatuh sakit dan wajib mengobatinya. 

Seperti halnya nilai sehat dalam agama Islam, menurut penelitian ‘Ali Mu’nis, dokter spesialis internal Fakultas Kedokteran Universitas ‘Ain Syams Cairo, menunjukan bahwa ilmu kedokteran modern menemukan kecocokan terhadap yang disyariatkan Nabi dalam praktek pengobatan yang berhubungan dengan spesialisasinya.

Sebagaimana pula yang disepakati oleh para ulama, bahwa di balik pengsyariatan segala sesuatu termasuk ibadah dalam Islam, terdapat hikmah dan manfaat fisik badan dan psikis kejiwaannya. Pada saat orang-orang Islam menunaikan kewajiban-kewajiban keagamannya, berbagai penyakit lahir dan batin pun ikut pula terjaga.

Upaya yang Dilakukan agar Tetap Sehat

Menurut para pakar kesehatan, cara agar badan tetap sehat, yakni mengonsumsi gizi yang cukup. Perhatikan asupan makan dan minuman yang akan kita konsumsi. Multivitamin bisa menjadi pendorong agar tubuh tetap fit. Olahraga cukup, keseimbangan beraktivitas dan istirahat yang cukup juga sangat mempengaruhi. 

Jangan lupakan dari tubuh yang sehat terdapat pula jiwa yang sehat. Senantiasa melakukan tugas dan kewajibanmu sebagai hamba Allah, perbaiki shalatmu, perbanyak dzikir dan amalan baikmu dan berdoalah agar selalu diberi perlindungan dan jauh pula dan penyakit hati. Serta membiasakan lingkungan sekitar kita bersih, pasti akan memberikan dampak baik bagi kesehatan kita. (Net)

Editor : Jesi Heny

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini