Pentingnya Milenial Menyiapkan Dana Darurat

JAKARTA,EDELWEISNEWS.COM – Saat ini, banyak milenial yang masih enggan menyiapkan dana darurat. Alasannya karena uang gaji yang kecil dan banyaknya kebutuhan yang mesti dipenuhi.

Padahal, dana darurat sangatlah penting mengingat dalam hidup akan selalu ada risiko yang tak terduga. Untuk itu, Anda sebenarnya perlu mendetailkan semua kebutuhan termasuk dana darurat atau pengeluaran tak terduga.

“Ada berbagai faktor yang tidak bisa kita prediksi dan bisa terjadi kapanpun sehingga mengganggu anggaran keluarga. Ketika tidak memiliki cukup dana untuk membiayainya, bisa jadi kita harus mengorbankan alokasi kebutuhan rutin atau bahkan harus berutang dengan bunga yang sangat tinggi,” kata Agency Development Manager Sequis Henry Virpi K S dalam siaran pers, Senin (29/7/2019).

“Padahal jika kita memiliki dana darurat, kondisi keuangan masih dapat terjaga. Seringkali kondisi darurat memerlukan biaya yang besar maka kebutuhan untuk dana darurat diambil dari alokasi pos anggaran masa depan,” tambah Virpi.

Itulah pentingnya menyisihkan uang untuk dana darurat. Virpi mengatakan, dana darurat idealnya berupa uang tunai atau harta yang bersifat likuid alias bisa dicairkan, sehingga bisa digunakan untuk kejadian-kejadian tak terduga.

Tapi setidaknya, kata Virpi, milenial perlu memiliki dana darurat sebesar 30 persen dari target dana darurat yang seharusnya.

” Dana darurat idealnya berupa dana tunai (cash money) atau bersifat likuid karena dana darurat akan digunakan untuk kejadian tak terduga. Setidaknya kita memiliki 30 persen dana dari target dana darurat yang seharusnya,” kata Virpi.

Selain itu, dana darurat juga dapat disiapkan dengan melihat status pernikahan. Virpi mengatakan, bagi Anda milenial yang lajang hendaknya menyiapkan 6 kali dari pendapatan.

“Misalnya, seorang lajang memiliki pengeluaran 10 juta per bulan. Maka idealnya dia harus memiliki 6 kali dari pengeluarannya, yaitu Rp 60 juta,” ujar Virpi.

“Dengan demikian, ia harus mulai mempersiapkan setidaknya 30 persen atau sekitar Rp18 juta, barulah berikutnya ia bisa berinvestasi sembari menggenapi 70 persen dari total dana darurat yang telah diperkirakan sebelumnya,” kata Henry. (kom)

Editor : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jakarta Nasional TNI / POLRI

Inilah Pesan Kapolri dan Panglima TNI kepada Capaja TNI-Polri

JAKARTA, EDELWEISNEWS.COM – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memberikan pembekalan kepada Calon Perwira Remaja (Capaja) TNI dan Polri di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (10/7/2024). Kapolri dalam kesempatan kali ini menekankan agar capaja menjadi perwira yang Presisi (Predektif, responsibilitas, transparan, dan berkeadilan). Perwira sejati yang dapat diandalkan untuk […]

Read more
Jakarta Nasional Wajo

Pj. Bupati Wajo : Arahan Presiden, Daerah harus Adaptif dan Berinovasi

JAKARTA, EDELWEISNEWS COM – Presiden Joko Widodo membuka secara resmi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) sekaligus Apkasi Otonomi Expo 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (10/7/2024). Presiden menyampaikan bahwa Indonesia telah menghadapi periode lima tahun yang penuh tantangan, termasuk krisis kesehatan, ekonomi, pangan, keuangan, hingga krisis kemanusiaan. “Kita patut bersyukur […]

Read more
Jakarta Nasional

SMSI Dorong Pemerintah Tingkatkan Keamanan Data dari Serangan Siber

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) mendorong pemerintah Indonesia untuk meniru langkah negara-negara maju dalam memperkuat sistem keamanan siber. Ketua Umum SMSI, Firdaus menekankan pentingnya memiliki infrastruktur digital yang tangguh dan responsif di tengah ancaman siber yang tidak bisa diprediksi. “Kita harus mengimplementasikan strategi keamanan siber yang komprehensif, melibatkan kolaborasi antara pemerintah, sektor […]

Read more