Peringati Hari Bumi 2024, Murid SD Negeri Parinring Makassar Tanam Beragam Pohon

0
30

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Pendidik, peserta didik, dan tenaga kependidikan SD Negeri Parinring menanam beragam pohon secara serentak, sebagai bentuk tindakan nyata dalam memperingati Hari Bumi. Penanaman pohon di depan kelas dan halaman sekolah itu dilakukan usai upacara bendera, Senin (22 April 2024).

“Murid-murid sudah diingatkan untuk membawa tanaman, tiga hari sebelumnya, yang disampaikan melalui grup sekolah untuk diteruskan oleh guru ke grup komite kelas masing-masing,” terang Plh UPT SPF SD Negeri Parinring, Andi Etty Cahyani, S.Pd.

Andi Etty Cahyani memuji semangat para guru dan murid-muridnya yang bukan hanya datang membawa tanaman tapi juga melakukan penanaman pohon di sekolahnya. Jumlah murid di Sekolah Dasar yang berada di Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala, Kota Makassar itu, sebanyak 275 murid, mulai kelas 1-6.

Sebelum menanam pohon, murid-murid terlebih dahulu mengikuti upacara bendera. Saat memberikan amanah, guru menyampaikan bahwa hari ini bertepatan dengan Hari Bumi, yang bertema Planet vs Plastik. Setelah itu dilanjutkan dengan aksi penanaman pohon di sekitar lahan sekolah yang kosong. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Marhana, S.Pd, guru kelas 6.

Berbagai bibit tanaman ditanam oleh murid-murid. Ada rambutan, mangga, pepaya, pisang, terong, tomat, dan aneka tanaman hias. Selain itu, ada pula kelor, pandan wangi, cabe, kemangi, dan belimbing sayur. Setiap tanaman dilabeli nama dan kelas.

“Biar nanti tumbuhnya subur, tanaman ini masih butuh diberi pupuk,” tambah Bu Etty, begitu ia akrab disapa.

Semua siswa diberi tanggung jawab masing-masing untuk memelihara tanamannya. Tanaman perlu dirawat dan dipelihara, termasuk kemungkinan gangguan dari hewan dan manusia. Ini sebagai bentuk edukasi lingkungan kepada anak.

Bu Etty berharap, semoga momen Hari Bumi 2024 ini, anak-anak lebih meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Disampaikan bahwa Hari Bumi ini merupakan pengingat bagi kita sebagai warga sekolah agar berkomitmen dan mengambil peran tanggung jawab dalam menjaga bumi yang kita cintai. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini