Peringati HKB, Wawali Makassar Ajak Masyarakat Berpartisipasi dalam Kesiapsiagaan Bencana

MAKASSAR,EDELWEISNEWS.COM – Wakil Walikota Makassar Syamsu Rizal MI bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) di halaman Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar Jalan Kerung-kerung, Jumat (26/4).

Pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota yang akrab disapa Deng Ical ini mengatakan, bahwa dia melihat potensi masyarakat Makassar cukup tinggi kesiapannya untuk dimobilisasi jika terjadi bencana. Namun, kendala yang masih dihadapi yakni belum optimalnya sosialisasi kepada masyarakat, agar benar-benar memahami dan memiliki kesadaran akan kesiapsiagaan bencana.

“60 persen potensi keberhasilan dalam kesiapsiagaan bencana ada dipartisipasi masyarakat,” ucap Deng Ical.

Karena itu, Deng Ical mengajak seluruh lapisan masyarakat ikut berpartisipasi dalam upaya kesiapsiagaan bencana. Hingga kini belum ada perhatian khusus untuk mendedikasikan pengetahuan dan kesadaran agar masyarakat memiliki pemahaman yang lebih terkait kesadaran siap siaga bencana.

“Kesiapsiagaan bencana bukan hanya sebatas bencana alam, namun terdapat bencana non alam, bencana sosial hingga bencana medis,” ungkap Deng Ical.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kota Makassar, Taufiek Rachman mengatakan, peringatan HKB dilaksanakan untuk membangun kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana. Caranya, membangun partisipasi semua pihak melalui kegiatan kesiapsiagaan bencana, berupa edukasi kebencanaan dan simulasi evakuasi mandiri.

“Kita belajar dari beberapa pengalaman bencana bahwa faktor yang paling menentukan adalah penguasaan pengetahuan penyelamatan yang dimiliki oleh diri sendiri, keluarga dan komunitas di sekitarnya,” terang Taufiek Rachman. (fb)

Editor : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Danny Pomanto Persiapkan Kenaikan Dana Hibah PMI dan Gelar Lorong Donor

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto mengatakan akan mempersiapkan kenaikan Dana Hibah untuk PMI Kota Makassar. “Yang jelas Dana Hibah untuk PMI Kota Makassar harus naik. Apalagi pernah mencapai Rp4 miliar,” kata Danny Pomanto, sapaan akrab Ramdhan Pomanto saat diwawancarai usai meresmikan Musyawarah Kota (Muskot) PMI Makassar di Jl Andi Djemma, Kamis […]

Read more
Makassar SULSEL

Danny Pomanto Hadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah 209 Bintara Polri

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menghadiri dan meramaikan Upacara Penutupan, Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gelombang I 2024 SPN Polda Sulsel. Upacara berlangsung di Lapangan Upacara SPN Polda Sulsel, Jl Urip Sumoharjo, Kamis (11 Juli 2024). Danny Pomanto hadir di SPN Polda Sulsel sekira pukul 07.55 Wita dan […]

Read more
Makassar SULSEL

Ketua TP PKK Kota Makassar Dorong Penguatan Peran Remaja dalam Pengelolaan Masjid di Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Makassar mengambil langkah konkret dalam pemberdayaan masjid melalui pelatihan intensif untuk remaja masjid. Bertempat di Makassar Golden Hotel, kegiatan ini diikuti oleh 200 peserta setiap harinya, dengan tujuan memperkuat peran remaja dalam memakmurkan dan mengelola masjid di wilayah mereka masing-masing. Ketua TP PKK Kota Makassar […]

Read more