Perkuat Manajemen Bencana, BPBD Kota Makassar adakan Bimtek Aplikasi Bencana

0
41

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kota Makassar dan sekitarnya akhir-akhir ini mulai dilanda hujan, baik intensitas sedang sampai tinggi, kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya bencana hidrometeorologi.

Sebagai upaya dalam menghadapi bencana hidrometeorologi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar melaksanakan giat Bimbingan Teknis (Bimtek) aplikasi assesmen dan pelaporan bencana berbasis teknologi informasi

Hal ini juga mendukung program Pemerintah Kota Makassar yaitu Makassar Metaverse atau Makaverse.

Kegiatan dibuka oleh Maharuddin, Sekretaris BPBD Kota Makassar dan dihadiri oleh Nurnaeni Kepala Seksi Perencanaan beserta tim assesment BPBD Kota Makassar.

Hadir sebagai pemateri Dr. Zainal Abidin, SE, M. Si yang didampingi oleh tim Fauzul Ikhwan.

Dengan aplikasi ini, maka tim yang diturunkan di lokasi bencana akan dibekali dengan aplikasi yang memudahkan dalam melakukan assesmen bencana, yang nantinya akan terintegrasi dengan aplikasi dapur umum dan juga dengan aplikasi pelaporan situasi yang bisa diakses oleh publik secara up-to-date atau realtime.

Smart Application Need Asessment (SOTTA) merupakan salah satu aplikasi yang disediakan oleh BPBD Makassar, yang rencananya akan berkolaborasi dengan pihak Kodim setempat dalam penggunaannya.

Aplikasi ini bertujuan sebagai basis data laporan bencana yang berisi tentang titik bencana, informasi bencana, pengungsian, dokumentasi bencana. Aplikasi ini juga bisa memberitakan kondisi terkini dari bencana yang terjadi di Kota Makassar.

“Dengan menggunakan aplikasi, maka kami berharap dapat memperkuat manajemen bencana yang telah kami jalankan selama ini,” ucap Maharuddin, Sekretaris BPBD Kota Makassar. (Ril)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini