Perpustakaan Kaltim Tertarik dengan Program Inovasi Sentuh Pustaka

MAKASSAR,EDELWEISNEWS.COM – Kepala Bidang Layanan dan Kerjasama Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur, Taufik, S.Sos, MM bersama Kepala Seksi dan Pustakawannya berkunjung ke Perpustakaan SMP Negeri 6 Makassar, Kamis, 20 Juni 2019.

Kunjungan tersebut untuk melihat langsung dan menerima penjelasan hasil dari program Inovasi Dinas Perpustakaan Makassar yakni Sentuh Pustaka.

Menurut Taufik, Sentuh Pustaka adalah program dengan pendekatan kreatif yang dapat meyakinkan pihak sekolah. “Konsepnya akan kami replikasi untuk dilakukan di Kalimantan Timur. Karena masalah pembinaan perpustakaan, khususnya perpustakaan sekolah kasusnya hampir sama,” tuturnya kepada perwakilan Dinas Perpustakaan Kota Makassar yang mendampingi, Andika Cahyadi (Kasi Pengembangan Perpustakaan), Andi Taufik (Kasi Layanan dan Kerjasama) dan Tulus Wulan Juni (Pustakawan).

Sentuh Pustaka atau singkatan dari Semua Membantu Menghidupkan Perpustakaan adalah program kolaborasi 4 unsur, yakni dari Dinas Perpustakaan Kota Makassar selaku Tim pembina Perpustakaan Sekolah, Mitra Kerja dalam ini penerbit dan yang lain, Kelompok Kerja Pustakawan dan Penggiat Literasi Sulsel selaku tim pendukung dan pihak sekolah selaku penerima program.

Kolaborasi ini dibuat sebagai bentuk komitmen dan kepedulian bersama untuk menghidupkan kembali peran perpustakaan di sekolah.

Sebanyak 10 sekolah SD dan SMP di Kota Makassar telah merasakan dampak dari program tersebut, perpustakaannya telah tertata dan dikelola sesuai Standar Nasional Perpustakaan. Output dari program ini, selain perpustakaan berfungsi kembali sebagai sarana sumber belajar siswa, guru dan tenaga kependidikan, perpustakaan pun telah siap mengikuti Akreditasi Perpustakaan sekolah. Beberapa sekolah pun antri dan meminta agar sekolahnya cepat disentuh.

Penulis : Tulus Wulan Juni

Editor. : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar Pariwisata

Dinas Pariwisata Makassar Mengapresiasi Kehadiran Peserta ICAS 2024

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Mewakili Penjabat Sekretaris Daerah Kota Makassar, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, menyambut kehadiran para peserta International Conference on Administrative Science (ICAS) 2024 dengan kegiatan sailing bersama di Anjungan Pantai Losari. Dispar Makassar menyampaikan apresiasi atas kehadiran peserta ICAS 2024 dan berharap seluruh peserta dapat menikmati keindahan serta kekayaan budaya yang ditawarkan Kota […]

Read more
Parepare SULSEL

Pangdam XIV/Hsn Kunker di Brigif 11/Badik Sakti, Kodim 1405/Parepare dan Kodim 1421/Pangkep

PAREPARE, EDELWEISNEWS.COM – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV/Hasanuddin Mia Bobby Rinal Makmun, bersama sejumlah Pejabat Utama (PJU) Kodam, melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) di Brigade Infanteri (Brigif) 11/Badik Sakti, Kodim 1405/Parepare dan Kodim 1421/Pangkep, Kamis, (17/10/2024). Dalam kunjungan tersebut, Pangdam bertatap muka langsung sekaligus memberikan […]

Read more
Makassar SULSEL TNI / POLRI

Kakumdam XIV/Hsn Membuka Kegiatan Sosialisasi Tentang Pembentukan Produk Hukum di Lingkungan TNI AD

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kepala Hukum Kodam (Kakumdam) XIV/Hasanuddin Kolonel Chk Bahrun Taslim, S.H membuka kegiatan Sosialisasi Peraturan Kasad Nomor 25 Tahun 2023 tentang perubahan atas Peraturan Kasad Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pembentukan Produk Hukum di Lingkungan TNI AD, bertempat di Ruang Bina Yudha (RBY) Makodam, Jalan Urip Sumoharjo, Kota Makassar, Kamis (17/10/2024). Sosialisasi ini […]

Read more