Perpustakaan Kaltim Tertarik dengan Program Inovasi Sentuh Pustaka

MAKASSAR,EDELWEISNEWS.COM – Kepala Bidang Layanan dan Kerjasama Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur, Taufik, S.Sos, MM bersama Kepala Seksi dan Pustakawannya berkunjung ke Perpustakaan SMP Negeri 6 Makassar, Kamis, 20 Juni 2019.

Kunjungan tersebut untuk melihat langsung dan menerima penjelasan hasil dari program Inovasi Dinas Perpustakaan Makassar yakni Sentuh Pustaka.

Menurut Taufik, Sentuh Pustaka adalah program dengan pendekatan kreatif yang dapat meyakinkan pihak sekolah. “Konsepnya akan kami replikasi untuk dilakukan di Kalimantan Timur. Karena masalah pembinaan perpustakaan, khususnya perpustakaan sekolah kasusnya hampir sama,” tuturnya kepada perwakilan Dinas Perpustakaan Kota Makassar yang mendampingi, Andika Cahyadi (Kasi Pengembangan Perpustakaan), Andi Taufik (Kasi Layanan dan Kerjasama) dan Tulus Wulan Juni (Pustakawan).

Sentuh Pustaka atau singkatan dari Semua Membantu Menghidupkan Perpustakaan adalah program kolaborasi 4 unsur, yakni dari Dinas Perpustakaan Kota Makassar selaku Tim pembina Perpustakaan Sekolah, Mitra Kerja dalam ini penerbit dan yang lain, Kelompok Kerja Pustakawan dan Penggiat Literasi Sulsel selaku tim pendukung dan pihak sekolah selaku penerima program.

Kolaborasi ini dibuat sebagai bentuk komitmen dan kepedulian bersama untuk menghidupkan kembali peran perpustakaan di sekolah.

Sebanyak 10 sekolah SD dan SMP di Kota Makassar telah merasakan dampak dari program tersebut, perpustakaannya telah tertata dan dikelola sesuai Standar Nasional Perpustakaan. Output dari program ini, selain perpustakaan berfungsi kembali sebagai sarana sumber belajar siswa, guru dan tenaga kependidikan, perpustakaan pun telah siap mengikuti Akreditasi Perpustakaan sekolah. Beberapa sekolah pun antri dan meminta agar sekolahnya cepat disentuh.

Penulis : Tulus Wulan Juni

Editor. : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Danny Pomanto Persiapkan Kenaikan Dana Hibah PMI dan Gelar Lorong Donor

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto mengatakan akan mempersiapkan kenaikan Dana Hibah untuk PMI Kota Makassar. “Yang jelas Dana Hibah untuk PMI Kota Makassar harus naik. Apalagi pernah mencapai Rp4 miliar,” kata Danny Pomanto, sapaan akrab Ramdhan Pomanto saat diwawancarai usai meresmikan Musyawarah Kota (Muskot) PMI Makassar di Jl Andi Djemma, Kamis […]

Read more
Makassar SULSEL

Danny Pomanto Hadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah 209 Bintara Polri

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menghadiri dan meramaikan Upacara Penutupan, Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gelombang I 2024 SPN Polda Sulsel. Upacara berlangsung di Lapangan Upacara SPN Polda Sulsel, Jl Urip Sumoharjo, Kamis (11 Juli 2024). Danny Pomanto hadir di SPN Polda Sulsel sekira pukul 07.55 Wita dan […]

Read more
Makassar SULSEL

Ketua TP PKK Kota Makassar Dorong Penguatan Peran Remaja dalam Pengelolaan Masjid di Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Makassar mengambil langkah konkret dalam pemberdayaan masjid melalui pelatihan intensif untuk remaja masjid. Bertempat di Makassar Golden Hotel, kegiatan ini diikuti oleh 200 peserta setiap harinya, dengan tujuan memperkuat peran remaja dalam memakmurkan dan mengelola masjid di wilayah mereka masing-masing. Ketua TP PKK Kota Makassar […]

Read more