Pesona Taman Batu Rammang –rammang yang Eksotik

MAROS,EDELWEISNEWS.COM – Gugusan taman batu di Dusun Rammang-rammang Desa Salenrang, Kabupaten Maros semakin populer.  Akhir-akhir ini semakin banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung kesana.

Keindahan taman batu bisa dinikmati pengunjung ketika akan memasuki Dermaga II Dusun Rammang-rammang. Batu-batu yang menarik dengan bentuk-bentuk yang unik bisa pula dinikmati dengan menyusuri sungai dari Dermaga I. Batu yang tertanam di dalam sungai dan menyeruak di atas sungai menambah keindahan hamparan alam Dusun Rammang-rammang.

Konon keindahan Rammang-rammang bisa disejajarkan dengan Ha Long Bay di Vietnam maupun Guilin di China. Lokasi Rammang-rammang berada di utara Kota Makassar, sedikit melewati ibukota Kabupaten Maros. 

Jarak Rammang-rammang dari Kota Makassar sekitar 40 km dan bisa ditempuh dengan waktu 2 jam perjalanan. Tapi kalau lewat jalur jalan tol pasti memakan waktu lebih singkat.

Untuk memasuki wilayah Rammang-rammang, pengunjung bisa menandainya dengan jalan masuk Pabrik Semen Tonasa. Hanya kalau pabrik mengarah lurus, Kampung Karts Ramang-ramang belok kiri di gerbang yang bertuliskan Desa Salenrang, Kacamatan Bontoa, Maros.

Kondisi jalan menuju lokasi wisata ini tergolong sudah baik. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir akan menemukan jalur  seperti di my trip my adventure atau tersesat. Sejumlah papan bicara akan menunjukan pengunjung jalan pergi dan jalan pulang. Hehehe..

Keunikan Rammang-rammang dibanding tempat wisata lainnya, karena pesona gugusan karstnya. Pemandanganya pun sangat eksotik. Wisatanya sendiri adalah ketika Anda menjejakkan kaki pertama kali di sana. Cara menikmatinya ada dua pilihan, wisata susur sungai dengan perahu ataupun berjalan kaki. 

Wisata perahu susur sungai, akan memacu adrenalin ketika Anda memasuki Kampung Berua. Air sungainya sangat tenang, tanpa ada riak dan ombak yang berbahaya. Tarif untuk masuk ke Kampung Berua, Rammang-rammang antara  Rp150.000-Rp300.000 per perahu. Perahunya adalah perahu bermesin yang  dikemudikan penduduk setempat. Sepanjang sungai pengunjung akan disuguhi jajaran karst di kiri kanan sungai serta pohon bakau. Sesekali pengunjung akan bertemu pula dengan perahu pengunjung lain, yang akan menciptakan ombak-ombak kecil.

Pengunjung bisa meminta kepada tukang perahu agar berhenti sejenak untuk mengambil gambar di spot-spot yang dianggap menarik.

Kedalaman sungai maksimal berkisar 2 meter, dengan lebar sungai sekitar 5 meter. 

Jika baru kali pertama berkunjung ke Rammang-rammang dan ingin masuk ke Kampung Berua, Anda bisa berkonsultasi dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di Dermaga I maupun Dermaga II. Mereka bisa menjadi pemandu Anda saat berkeliling untuk menikmati spot-spot menarik di tempat ini.

Ada sejumlah cafe milik warga yang berlokasi di jajaran taman batu di ketika menuju ke Dermaga II. Namun, saya lebih senang nongkrong di Cafe Puncak sambil menikmati sunset. Dari tempat ini ketika cuaca cerah, matahari terbenam akan terlihat sempurna hingga sampai di peraduannya.

Penulis : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jakarta Nasional

Presiden Prabowo Subianto Tekankan Pentingnya Program Kerja yang Signifikan, Terukur, dan Bersinergi

JAKARTA, EDELWEISNEWS.COM – Presiden Prabowo Subianto menekankan pentingnya program kerja yang signifikan, terukur, dan saling bersinergi antara kementerian/lembaga, sesuai dengan arah kebijakan yang disampaikan pada pidato pelantikannya di depan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Penekanan tersebut disampaikan Kepala Negara saat memimpin Sidang Kabinet Paripurna perdana di Ruang Sidang Kabinet, Jakarta, Rabu (23 Oktober 2024). “Saya kira […]

Read more
Nasional

Polda Dampingi KNKT Investigasi dan Identifikasi Korban Pesawat Jatuh di Pohuwato Gorontalo

GORONTALO, EDELWEISNEWS.COM – Polda Gorontalo juga turut mendampingi tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dalam proses investigasi terkait jatuhnya pesawat SAM Air di Kecamatan Randangan, Kabupaten Pohuwato. Langkah ini diambil guna memastikan kelancaran proses penyelidikan serta mengamankan lokasi kejadian. Tim Inafis Polda Gorontalo melakukan proses identifikasi terhadap korban pesawat SAM Air yang jatuh di Kecamatan […]

Read more
Jakarta Nasional

Raffi Ahmad Resmi Menjadi Utusan Khusus Presiden Bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni

JAKARTA, EDELWEISNEWS.COM – Raffi Ahmad resmi menjadi Utusan Khusus Presiden Bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni. Jadi pejabat negara, Raffi Ahmad tentu wajib melaporkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).Disinggung soal hal itu, Raffi Ahmad sempat menengok ke arah Nagita Slavina yang berdiri di belakangnya. Bapak dua anak itu menegaskan dirinya bakal membuat LHKPN […]

Read more