Pilihlah Menu yang Tepat Usai Lebaran

JAKARTA,EDELWEISNEWS.COM – Beberapa sayuran segar menawarkan lebih banyak nutrisi dan bermanfaat sebagai pembakar lemak. Hal ini termasuk upaya menurunkan berat badan. Studi penelitian tersebut menyarankan, ketika ditawari pilihan, lewati selada dan mentimun.

“Pilihlah sayuran hijau yang lebih gelap dan kaya warna seperti kangkung, bayam, dan brokoli. Sayuran tersebut biasanya punya lebih banyak serat dan fitonutrien,” tulis peneliti, dikutip dari Livestrong, Jumat (14/6/2019).

Warna hijau bukan satu-satunya warna yang harus Anda pilih saat memakan sayuran. Terong ungu, kembang kol putih, dan paprika merah juga menyediakan antioksidan dan kaya serat. Konsumsi labu kuning atau ubi jalar setiap minggu pun menambah nutrisi serta membantu lunturkan lemak.

Pilihan Buah Kaya Nutrisi

buah pir

Buah bisa menjadi camilan yang unggul jika dibandingkan kue kering dan sereal. Seperti halnya sayuran, pilihlah buah berbagai warna. Buah berwarna ungu dan merah, misal apel hijau, pir kuning, buah jeruk, dan plum juga persik menawarkan banyak nutrisi.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Appetiteedisi September 2008 menunjukkan, makan 200 kalori buah per hari membantu wanita menurunkan berat badan.

Buah-buahan berkalori lebih tinggi, seperti pisang dan pepaya, lebih padat kalori. Pastikan Anda memperhitungkannya total asupan. Hindari buah kering dan kalengan saat berupaya menurunkan berat badan.

“Buah kering dan kalengan terkonsentrasi dalam porsi kecil sering mengandung sirup gula,” tulis studi tersebut..

Avokad dan Buah Zaitun

Ilustrasi Alpukat

Avokad untuk turunkan berat badan. (dok. Pixabay.com/FoodieFactor/Putu Elmira)

Lemak tak jenuh tunggal sebagai pengganti lemak jenuh juga berpotensi meningkatkan metabolisme, menurut studi pada Februari 2013 yang dipublikasikan American Journal of Clinical Nutrition.

Tidak banyak buah dan sayuran yang mengandung lemak dalam jumlah tertentu, kecuali buah zaitun dan avokad.

Avokad dapat berfungsi menurunkan berat badan karena mengandung lemak tak jenuh tunggal seperti ditulis dalam Critical Reviews in Food Science and Nutrition pada Mei 2013

Namun, yang perlu diperhatikan, semakin banyak kalori dalam buah zaitun dan avokad, pastikan menjaga porsi makan. Terlalu banyak makanan alpukat dana buah zaitun bisa menyebabkan Anda menimbun kalori serta mencegah kehilangan lemak. (lip)

Editor : Anisah S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kesehatan

Cara Menurunkan Asam Urat, Ubah Pola Makan dan Gaya Hidup

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Asam urat adalah jenis radang sendi yang berkembang ketika kadar asam urat darah tinggi secara tidak normal. Asam urat membentuk kristal di persendian, seringkali di kaki dan jempol kaki, yang menyebabkan pembengkakan parah dan menyakitkan. Beberapa orang memerlukan obat untuk mengatasi asam urat, tetapi perubahan pola makan dan gaya hidup juga dapat […]

Read more
Kesehatan Makassar

DWP Unit Kerja Bapenda Makassar Gelar Bakti Sosial Pemeriksaan Kesehatan dan Donor Darah

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Makassar, unit kerja Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar melaksanakan bakti sosial pemeriksaan kesehatan dan donor darah yang diadakan di Kantor Bapenda, Rabu (7/2/2024). Kegiatan ini bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan RSUD Labuang Baji yang sejalan dengan program kerja Bidang Sosial Budaya DWP. Baksi […]

Read more
Ibu dan Anak Kesehatan Makassar SULSEL

Sekda Imbau Pentingnya Komitmen Penuh Stakeholder Tangani Penurunan Stunting

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM — Pj Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra mengimbau agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk fokus berperan dalam aksi percepatan penurunan angka stunting di Kota Makassar. Hal itu diungkapkan saat memimpin Rapat Kordinasi (Rakor) Percepatan Penurunan Angka Stunting 2024 yang digelar di Ruang Sipakalebbi, Senin (5/2/2024). Ia menyampaikan perlunya komitmen dan upaya […]

Read more