Pilihlah Menu yang Tepat Usai Lebaran

JAKARTA,EDELWEISNEWS.COM – Beberapa sayuran segar menawarkan lebih banyak nutrisi dan bermanfaat sebagai pembakar lemak. Hal ini termasuk upaya menurunkan berat badan. Studi penelitian tersebut menyarankan, ketika ditawari pilihan, lewati selada dan mentimun.

“Pilihlah sayuran hijau yang lebih gelap dan kaya warna seperti kangkung, bayam, dan brokoli. Sayuran tersebut biasanya punya lebih banyak serat dan fitonutrien,” tulis peneliti, dikutip dari Livestrong, Jumat (14/6/2019).

Warna hijau bukan satu-satunya warna yang harus Anda pilih saat memakan sayuran. Terong ungu, kembang kol putih, dan paprika merah juga menyediakan antioksidan dan kaya serat. Konsumsi labu kuning atau ubi jalar setiap minggu pun menambah nutrisi serta membantu lunturkan lemak.

Pilihan Buah Kaya Nutrisi

buah pir

Buah bisa menjadi camilan yang unggul jika dibandingkan kue kering dan sereal. Seperti halnya sayuran, pilihlah buah berbagai warna. Buah berwarna ungu dan merah, misal apel hijau, pir kuning, buah jeruk, dan plum juga persik menawarkan banyak nutrisi.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Appetiteedisi September 2008 menunjukkan, makan 200 kalori buah per hari membantu wanita menurunkan berat badan.

Buah-buahan berkalori lebih tinggi, seperti pisang dan pepaya, lebih padat kalori. Pastikan Anda memperhitungkannya total asupan. Hindari buah kering dan kalengan saat berupaya menurunkan berat badan.

“Buah kering dan kalengan terkonsentrasi dalam porsi kecil sering mengandung sirup gula,” tulis studi tersebut..

Avokad dan Buah Zaitun

Ilustrasi Alpukat

Avokad untuk turunkan berat badan. (dok. Pixabay.com/FoodieFactor/Putu Elmira)

Lemak tak jenuh tunggal sebagai pengganti lemak jenuh juga berpotensi meningkatkan metabolisme, menurut studi pada Februari 2013 yang dipublikasikan American Journal of Clinical Nutrition.

Tidak banyak buah dan sayuran yang mengandung lemak dalam jumlah tertentu, kecuali buah zaitun dan avokad.

Avokad dapat berfungsi menurunkan berat badan karena mengandung lemak tak jenuh tunggal seperti ditulis dalam Critical Reviews in Food Science and Nutrition pada Mei 2013

Namun, yang perlu diperhatikan, semakin banyak kalori dalam buah zaitun dan avokad, pastikan menjaga porsi makan. Terlalu banyak makanan alpukat dana buah zaitun bisa menyebabkan Anda menimbun kalori serta mencegah kehilangan lemak. (lip)

Editor : Anisah S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kesehatan Makassar SULSEL

Dirjen PSLB3 KLHK dan Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Kompak Percepat Penarikan Alkes Bermerkuri

MAKASSAR, EDELWEISNEWS. COM – Direktur Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rosa Vivien Ratnawati bersama Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh kompak mempercepat penarikan alat kesehatan yang mengandung merkuri di Provinsi Sulsel.  Rosa menjelaskan, pihaknya bersinergi dengan Kementerian Kesehatan karena rumah sakit berada dibawah Kementerian Kesehatan. […]

Read more
Kesehatan

Asam Urat Harus Minum Apa? Berikut Penjelasannya

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Penderita asam urat umumnya diminta untuk menghindari atau membatasi makanan tinggi purin, seperti daging merah, jeroan, dan beberapa makanan laut agar kondisinya kembali normal. Selain menghindari beberapa makanan, orang dengan asam urat perlu pandai-pandai menentukan minuman yang akan mereka konsumsi. Pasalnya, ada beberapa minuman yang kandungan purinnya tinggi. Lantas, asam urat harus […]

Read more
Kesehatan Makassar SULSEL

Indira Yusuf Ismail Berbagi Pengalaman Pribadi Tentang Pentingnya ASI Eksklusif

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail, berbagi pengalaman pribadi dalam memberikan ASI eksklusif di hadapan para peserta sosialisasi yang digelar Pokja IV TP PKK Kota Makassar. Kegiatan ini telah berlangsung selama lima hari, mulai dari tanggal 10 hingga 14 September 2024, dan berfokus pada pentingnya pemberian ASI eksklusif bagi pertumbuhan […]

Read more