Pj. Bupati Wajo Andi Bataralifu Hadiri Rakornas Bawaslu RI, Jaga Netralitas ASN dan Berikan Hak Suara

JAKARTA, EDELWEISNEWS.COM – Pj Bupati Wajo Andi Bataralifu mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) netralitas ASN pada Pemilihan Serentak 2024 bersama Bawaslu, yang diikuti oleh kepala daerah se-Indonesia, di Econvention Ancol, Jakarta Utara, Selasa (17/9/2024).  

Rakor tersebut dalam rangka menyiapkan langkah strategis dengan memaksimalkan upaya pengawasan serta penindakan pelanggaran netralitas ASN.

Oleh karena itu, dipandang perlu melaksanakan Koordinasi Nasional Kesiapan Kepala Daerah, Menjaga Netralitas ASN pada Pemlihan Serentak tahun 2024″ dengan mengundang Gubernur, Bupati, Walikota, Sekretaris Daerah tingkat Provinsi dan Sekretaris Daerah tingkat Kabupaten/Kota se – Indonesia sebagai peserta.

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja dalam sambutannya sekaligus membuka acara, menekankan pentingnya netralitas ASN dalam Pemilu.

“Rapat koordinasi ini penting untuk memastikan bahwa ASN tetap netral dalam menjalankan tugasnya, terutama dalam menghadapi tahapan-tahapan krusial Pemilu dan Pilkada 2024,” ungkapnya.

Rahmat juga mengingatkan bahwa netralitas ASN menjadi salah satu isu krusial dalam setiap pemilihan, terlebih dengan adanya potensi pelanggaran netralitas yang meningkat pada Pemilu 2024 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Pada Pilkada 2020, terdapat lebih dari 1.000 pelanggaran netralitas ASN, meski Pilkada hanya dilaksanakan di 170 wilayah. Ini menjadi perhatian penting bagi kita semua untuk lebih waspada,” tegasnya.

“Tanggal 22 September nanti akan ada penetapan calon kepala daerah, dan hal inilah yang kemudian membuat kami harus berpikir dan bekerja keras agar netralitas ASN dapat kita jaga secara bersama-sama,” kata Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja.

“Tahapan kampanye, jelas akan banyak konsentrasi dan juga kerja kita, Bapak, Ibu, sebagai penyelenggara pemerintahan daerah, mungkin terganggu dalam melaksanakan beberapa fungsi penyelenggaraan pemerintahan daerah, dan juga KPU (Komisi Pemilihan Umum), Bawaslu, akan bekerja lebih keras lagi pada saat kampanye,” katanya.

Berdasarkan jadwal tahapan Pilkada 2024, penetapan pasangan calon akan dilaksanakan pada 22 September 2024. Selanjutnya, 25 September hingga 23 November 2024 para pasangan calon diagendakan berkampanye.

Adapun 27 November 2024 menjadi hari pemungutan suara Pilkada 2024, serta dilanjutkan dengan penghitungan dan rekapitulasi penghitungan suara hingga 16 Desember 2024.

Usai mengikuti Rakornas, Andi Bataralifu menegaskan bahwa seluruh ASN di lingkungan Pemda Wajo harus memperkuat komitmen dalam menjaga netralitas pada Pilkada Serentak 2024, dan tidak terlibat politik praktis.

“Mari dukung suksesnya pelaksanaan pesta demokrasi dan memberikan hak suara kita, ” tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan sesi Diskusi panel yang menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya Dr. (C) Puadi, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi Bawaslu, Dr. Suhajar Diantoro, Tenaga Ahli Menteri Dalam Negeri, Aba Subagja, Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPANRB, Drs. Haryomo Dwi Putranto, Plt. Kepala BKN, dan Kombespol Boy Rando Simanjuntak, Wakil Direktur Tindak Pidana Umum. (Humas Pemda/APJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jakarta Nasional

Bareskrim Rampas Aset Milik Terpidana Narkoba Hendra Total Rp221 Milliar

JAKARTA, EDELWEISNEWS COM – Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri berhasil menyita sejumlah aset milik terpidana narkoba Hendra Sabarudin sebesar Rp221 miliar dari kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU). Bandar kelas kakap jaringan narkoba Malaysia – Indonesia tersebut ditangkap pada 2020 lalu tersebut telah divonis hukuman mati. Namun, hukuman Hendra diperingan menjadi 14 tahun setelah […]

Read more
Jakarta Olahraga

Atlet Judo Polri Raih Emas dan Perak di PON XXI Aceh Sumut

JAKARTA, EDELWEISNEWS.COM – Pesta Pekan Olah Nasional (PON) XXI yang helat di Banda Aceh dan Sumatera Utara (Sumut). Atlet judo Polri Bripda M. Alfiansyah Lubis berhasil merebut medali emas di kategori beregu campuran, Sabtu (14/09/24) di Gelanggang Universitas Syah Kuala, Banda Aceh. Ini merupakan medali kedua personel Bagbinjas Rowatpers SSDM Polri yang mewakili Daerah Khusus […]

Read more
SULSEL Wajo

Sesmen Parekraf RI Kunjungi Kabupaten Wajo Hadiri Bimtek Kepariwisataan

MAKASSAR, EDELWEISMEWS.COM – Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Sekretaris Utama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Ni Wayan Giri Adyani melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Wajo, Sabtu (14/9/2024). Kunjungan Sesmen Parekraf RI ini disambut Pj. Bupati Wajo Andi Bataralifu didampingi Sekda Wajo Armayani pada acara Bimbingan Teknis Kepariwisataan di Gelora Permata Hijau, Desa Waetuwo, […]

Read more