Pj Gubernur Sulsel Hadiri Pengobatan Gratis dan Donor Darah di Puskesmas Bantimurung, Maros

0
36

MAROS, EDELWEISNEWS.COM – UPT Transfusi Darah Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama UPTD Puskesmas Bantimurung, menggelar Donor Darah serta Pengobatan Gratis, di Jalan Poros Bantimurung, Kabupaten Maros, Selasa (30 Januari 2024).

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin ini berhasil mengumpulkan 30 kantong darah.

Diketahui, Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, mendorong pemerintah daerah secara aktif memfasilitasi pemenuhan kebutuhan darah, melalui kegiatan donor darah. Bahkan ini dituangkan dalam Surat Edaran Nomor: 440/122/Dinkes yang dikeluarkan awal Januari ini.

“Terima kasih Pak Gubernur sudah hadir, kami dapat 30 kantong, pendonor datang dari masyarakat umum, kepolisian dan pegawai pemerintah sendiri,” kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT Transfusi Darah Dinas Kesehatan Sulsel, Astati Made Amin.

Astati menjelaskan, Dinas Kesehatan Sulsel sudah mengeluarkan surat edaran ke seluruh kabupaten kota dan elemen masyarakat, untuk selalu terlibat donor darah sukarela.

“Untuk itu, kami selalu melakukan gelaran donor darah, kita koordinasi dengan UTD RS atau PMI yang ada di kabupaten dan kota,” imbuhnya.

Untuk diketahui, dalam banyak situasi medis, seperti kecelakaan serius, operasi besar, atau kondisi medis kronis, transfusi darah seringkali menjadi bagian penting dari perawatan pasien. Namun, persediaan darah seringkali terbatas dan tidak mencukupi untuk memenuhi permintaan. Sehingga dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan, terutama dalam penyediaan ketersediaan darah yang dibutuhkan oleh masyarakat, pemerintah kembali memasifkan kegiatan donor darah. (*)

  

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini