PKBM Al-Abrar Bulukumba Melaksanakan Pendataan Uji Kesetaraan (PUK) Tahun 2023

BULUKUMBA, EDELWEISNEWS.COM – PKBM Al-Abrar Bulukumba Tahun 2023 melaksanakan Pendataan Uji Kesetaraan (PUK). Pelaksanaannya melalui 3 tahap, yakni simulasi pada tanggal 3-4 Mei 2023, gladi pada tanggal 6-7 Mei 2023 dan inti PUK pada tanggal 13-14 Mei 2023.

Jumlah peserta kelas 6 paket A sebanyak 77 orang dari kelas 6A-6B  dan ikut PUK sebanyak 29 orang, peserta kelas 9 Paket B sebanyak 103 orang dari kelas 9A, 9B, 9C dan ikut PUK sebanyak 81 orang, peserta kelas paket C sebanyak 133 orang dari kelas 12A, 12B, 12C dan ikut PUK sebanyak 99 orang.

Jumlah keseluruhan Peserta Uji Kesetaraan PKBM Al-Abrar tahun 2023 sebanyak 313 orang dari tiga jenjang yakni paket A setara Sekolah Dasar (SD), B setara Sekolah Menengah Pertama (SMP),  dan C setara Sekolah Menengah Atas (SMA). Ikut Pendataan Uji Kesetaraan  Tahun 2023 sebanyak  209 orang  untuk ketiga jenjang tersebut.

Pendiri PKBM Al – Abrar, Aidar Milyar mengatakan, kategori peserta PUK wajib menyelesaikan pembelajaran dari kelas awal sampai akhir, yang dibuktikan dengan penilaian rapor setiap pesdik yang diambiul dari penilaian sumatif setiap peserta didik.

“Jika peserta didik tidak menyelesaikan penilaian tersebut, maka dianggap tidak berhak ikut PUK dan akan diikutkan tahun berikutnya,” terangnya.

PKBM Al-Abrar yang berdiri  sejak Tahun 2002. Selama 2 tahun melakukan proses pembentukan program atau kegiatan hingga pada tahun 2005 mendapat izin dari Dinas endidikan Kabupaten Bulukumba, tahun 2006 terdaftar sebagai lembaga legal dengan adanya Akta Notaris yang dikeluarkan Notaris Muhammad Rahim, SH. Hingga kini masih melakukan pembelajaran kesetaraan dan beberapa program-program lainnya.

Pada tahun 2023, PKBM Al-Abrar merupakan bagian dari Yayasan Nurul Afifah atau naungan dari yayasan tersebut, sehingga lembaga tersebut memiliki pengesahan akta Menkumham tahun 2015. PKBM Al-Abrar yang terakreditasi B telah menamatkan alumni pendidikan non formal sejak tahun 2008 sampai sekarang.

Penulis : Aidar Milyar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LEGISLATIF SULSEL Wajo

Tiga Ranperda Ditetapkan Pemda Wajo dan DPRD Lewat Rapat Paripurna

WAJO, EDELWEISNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Wajo dan DPRD menandatangani persetujuan kesepakatan bersama penetapan 3 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) melalui Rapat Paripurna DPRD Wajo, Jumat (19/7/2024). Tiga Ranperda yang ditetapkan yakni, Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2023, Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Perubahan atas […]

Read more
Makassar SULSEL Wajo

Pemda Wajo dan Pemda Takalar Teken MoU Kerja Sama Mendukung Penanganan Dampak Inflasi Daerah

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Wajo dan Pemerintah Kabupaten Takalar melakukan kerjasama dengan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk mendukung Penanganan Dampak Inflasi Daerah. Penandatanganan MoU itu dilakukan dalam bentuk kerja sama Perdagangan Komoditas Unggulan antar Daerah yang dilakukan di Aula Bappelitbangda Provinsi Sulawesi Selatan, Makassar, Rabu (17/7/2024). Proses pelaksanaan penandatanganan MoU dilakukan langsung Pj. […]

Read more
Makassar SULSEL

Lampaui Target, Total Investasi di Kota Makassar Capai Rp 5,89 T

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) mencatat realisasi Investasi Kota Makassar mencapai Rp 5,89 Triliun pada periode Januari-Desember 2023. Hal itu diungkapkan Pj Sekda Makassar, Firman Hamid Pagarra pada kegiatan Focus Grup Discusion (FGD) terkait kebijakan pengelolaan investasi bersama Dewan Investasi dan OPD terkait. “Realisasi investasi kita di sepanjang […]

Read more