Poso Terima UHC Award 2024 Kategori Utama, Bupati Verna Ucapkan Terima Kasih kepada Semua Pihak

JAKARTA, EDELWEISNEWS.COM – Kabupaten Poso, dibawah kepemimpinan Bupati dr. Verna G.M. Inkiriwang, kembali meraih prestasi dengan menerima Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2024 Kategori Utama.

Penghargaan tersebut diberikan sebagai pengakuan atas komitmen pemerintah daerah dalam mencapai cakupan kesehatan semesta, yang memastikan semua masyarakat Kabupaten Poso memiliki akses terhadap pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu tanpa hambatan finansial.

Kegiatan penyerahan UHC Award ini berlangsung di The Krakatau Grand Ballroom, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, pada Kamis (8 Agustus 2024).

Acara dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin, yang didampingi oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy, Presiden International Social Security Association Muhammad Asman, dan Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti.

Kabupaten Poso menjadi salah satu dari 135 kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang meraih penghargaan UHC Award Kategori Utama pada tahun 2024.

Penghargaan ini merupakan hasil dari dedikasi dan upaya berkelanjutan pemerintah daerah melalui program unggulan ‘POSO SEHAT’.

Untuk informasi, pada tanggal 10 Januari 2022, Pemerintah Daerah Kabupaten Poso meluncurkan program kesehatan gratis bagi masyarakat yang kurang mampu melalui perjanjian kerjasama dengan BPJS Kesehatan. Program ini berhasil mencakup 30.486 jiwa dan memastikan bahwa 99,93% penduduk Kabupaten Poso telah terdaftar dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam sambutannya menekankan pentingnya UHC sebagai konsep pembangunan kesehatan global yang memastikan setiap individu memiliki akses pelayanan kesehatan yang adil, komprehensif, dan bermutu tanpa adanya hambatan finansial.

“Sebanyak 33 provinsi dan 452 kabupaten/kota penerima UHC ini telah menunjukkan dedikasi dan komitmen tinggi dalam mewujudkan UHC dengan cakupan perlindungan kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) minimal 95% dari total penduduk,” ujar Ma’ruf.

Penghargaan UHC tahun 2024 ini menandai pencapaian Indonesia dalam menyediakan jaminan kesehatan yang menyeluruh bagi warganya, melalui Program JKN-KIS, yang telah berjalan selama satu dekade.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi pemerintah daerah untuk terus menyempurnakan cakupan kepesertaan aktif dan memastikan perlindungan kesehatan penduduk secara menyeluruh di wilayah masing-masing.

Bupati Verna G.M. Inkiriwang, setelah menghadiri acara tersebut, menyampaikan rasa terima kasih kepada perangkat daerah yang telah bekerja keras dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Poso.

“Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada perangkat daerah terkait, yang telah bekerja keras dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Selain itu, terima kasih juga saya sampaikan kepada BPJS Kabupaten Poso, karena berkat sinergi ini, Pemerintah Kabupaten Poso dapat meraih penghargaan ini,” ungkap Bupati Verna. (Fb)

Editor : Gamal Taroko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jakarta Makassar Nasional

Danny Pomanto Raih Penghargaan Pariwisata dan Pelestarian Budaya pada Apresiasi Tokoh 2024

JAKARTA, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto sukses meraih penghargaan bergengsi tingkat nasional pada malam Apresiasi Tokoh Indonesia 2024 oleh Tempo Media. Wali Kota Makassar dua periode ini berhasil mencatatkan namanya pada penghargaan dengan kategori Pariwisata dan Pelestarian Budaya. Apresiasi tersebut langsung diberikan oleh Direktur PT Tempo Inti Media Harian Meiky Sofyansyah saat […]

Read more
Jakarta Nasional TNI / POLRI

Polri Paparkan Strategi Amankan Pilkada Serentak 2024

JAKARTA, EDELWEISNEWS.COM – Polri memaparkan strategi pengamanan penyelenggaraan Pilkada serentak 2024. Hal tersebut disampaikan dalam Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bako Humas) yang digelar hari ini, Selasa (10/9/2024). Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, acara Bako Humas sangat penting. Sebab di era saat ini adalah kolaborasi bukan kompetisi. “Tentu […]

Read more
Jakarta Nasional

Perbedaan Kampanye Negatif dan Kampanye Hitam pada Pilkada 2024

JAKARTA, EDELWEISNEWS.COM – Menjelang masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak suasana politik semakin memanas. Para kandidat dan juru kampanye serta pendukung kandidat mulai aktif menyampaikan program serta janji politik para kandidat. Namun, kampanye tidak selalu berjalan dengan cara yang positif. Di tengah hingar-bingar politik, sering muncul fenomena saling serang antar kandidat dan pendukung yang tak […]

Read more