Prabowo: Desa sebagai Sumber Pangan Sangat Vital

0
76

BANDUNG, EDELWEISNEWS.COM – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan, bahwa mewujudkan swasembada pangan, merupakan bagian penting dari upaya membangun pertahanan Indonesia. Oleh sebab itu, ia mengajak perangkat desa, khususnya kepala desa, untuk ikut serta mencapai tujuan bersama tersebut.

Hal itu ia sampaikan saat hadir di acara Rakerda Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Jawa Barat (Jabar) 2023 di GOR C-Tra Arena Bandung, Kamis (23/11/2023).

“Desa sebagai sumber pangan adalah sangat vital. Kita ini berhubungan, karena itu sebentar lagi saya kira para kepala desa akan diajak,” kata Prabowo.

“Kita akan turunkan Babinsa, TNI, petugas-petugas dari Kementerian Pertanian, semuanya akan mengajak kepala desa untuk kita tingkatkan produksi pangan di seluruh desa-desa di Indonesia. Ini dalam rangka membangun pertahanan kita,” tambah dia.

Prabowo menekankan, pemenuhan kebutuhan pangan merupakan hal utama yang harus dicapai sebelum memaksimalkan kemampuan alutsista. Sebab, alat-alat militer yang canggih hanya dapat berfungsi maksimal jika para personil TNI memiliki fisik dan kapabilitas yang juga maksimal.

“Kita boleh punya alat yang paling hebat tapi kalau tidak ada beras, kita tidak bisa bikin apa-apa. Tentara kalau mau perang harus ada beras dulu, harus makan dulu,” ujar dia.

Prabowo melanjutkan, luasnya geografi dan keberagaman sumber pangan berpotensi membuat Indonesia bukan hanya mandiri tetapi juga menjadi lumbung pangan dunia. Ia yakin dengan kepemimpinan yang tepat maka hal itu dapat terwujud.

“Alhamdulillah, sumber pangan kita sangat besar dan sebentar lagi kita akan kembali swasembada pangan di bawah Menteri Pertanian yang baru, Pak Amran Sulaiman dengan timnya,” ujarnya.

“Inshaallah kita akan kembali swasembada pangan. Tapi tidak hanya swasembada pangan, kita juga akan menjadi lumbung pangan dunia, saudara-saudara sekalian,” pungkas dia.

Penulis : Usman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini